Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Komunikasi Corporate Identity BPJS Ketenagakerjaan Melalui Media Digital Lapak Asik

FARIANINGRUM, Anna (2023) Strategi Komunikasi Corporate Identity BPJS Ketenagakerjaan Melalui Media Digital Lapak Asik. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1-COVER-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf

Download (533kB)
[img] PDF (Legalitas)
2-LEGALITAS-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
3-ABSTRAK-ANNA FARIANINGRUM-F2C20010-TESIS-2023.pdf

Download (508kB)
[img] PDF (BabI)
4-BAB-I-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB)
[img] PDF (BabII)
5-BAB-II-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)
[img] PDF (BabIII)
6-BAB-III-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] PDF (BabIV)
7-BAB-IV-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-20223.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8-BAB-V-ANNA FARIANINGRUM-F2C02010-TESIS-2023.pdf

Download (638kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9-DAFTAR PUSTAKA-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-20223.pdf

Download (774kB)
[img] PDF (Lampiran)
10-LAMPIRAN-ANNA FARIANINGRUM-F2C020010-TESIS-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konstruksi realitas yang dialami peserta dalam penggunaan Lapak Asik, 2) mendeskripsikan dan menganalisis manfaat aplikasi digital untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan, 3) menganalisis strategi komunikasi korporasi melalui corporate identity BPJS Ketenagakerjaan terkait pelayanan klaim JHT. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini yaitu claimant, customer service, ranger, Kepala Bidang Pelayanan dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konstruksi realitas peserta dalam penggunaan Lapak Asik dalam Corporate Identity yang terdiri dari 3 indikator yaitu Behaviour (perilaku/tingkah laku), Communication (komunikasi) dan Symbolism (simbol), bahwa behavior dan communication belum maksimal dilaksanakan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto sedangkan symbolism sudah terlaksana dengan baik. 2) Manfaat aplikasi Lapak Asik dibagi menjadi Accessibility, Speed, Amount, Cognitive Effectiveness, Relevance (kesesuaian) dan Motivating, didapatkan hasil bahwa aplikasi Lapak Asik memberikan manfaat bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. 3) Strategi yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka implementasi media digital Lapak Asik yaitu sosialisasi, monitoring, dan maintenance, didapatkan hasil bahwa sosialisasi belum maksmimal dilakukan sedangkan monitoring dan maintenance sudah maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223045
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Corporate Identity, Lapak Asik
Subjects: C > C631 Communication
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs FARIANINGRUM Anna
Date Deposited: 23 Feb 2023 01:37
Last Modified: 23 Feb 2023 01:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20365

Actions (login required)

View Item View Item