FAZA, Muhammad Naufal (2023) Pengembangan Aplikasi Permainan “Happi” Menggunakan Unity untuk Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Download (338kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Download (622kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2024. Download (696kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2024. Download (754kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2024. Download (765kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Download (630kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Download (578kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Muhammad Naufal Faza-H1D019021-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
Abstract
Indonesia memiliki demografi yang sangat menguntungkan terhadap produktivitas negeri. Potensi anak dapat dikembangkan dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan melatih kemampuan logika anak. Kemampuan logika anak dapat dilatih dengan bermain game edukasi untuk menyimulasikan dan memecahkan masalah sehari-hari. Rata-rata anak Indonesia menghabiskan waktunya menggunakan gawai dan memiliki risiko kecanduan, maka orang tua dapat memanfaatkan waktu penggunaan gawai tersebut untuk hal yang lebih positif seperti memainkan game edukasi bersama anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi yang dapat membantu perkembangan anak usia dini dalam bidang pendidikan. Pengembangan game “Happi” menggunakan metode GDLC yang memiliki empat tahap, yaitu pre-production, production, testing, dan post-production. Pada tahap ¬pre-production dibuat desain awal. Pada tahap production dibuat aset dan desain akhir. Pada tahap testing dilakukan pengujian terhadap game. Pada tahap post-production dilakukan perilisan game. Game dikembangkan dengan Unity untuk platform mobile demi memudahkan akses terhadap game tersebut di mana saja. Dalam “Happi” terdapat beberapa permainan seperti ping pong, teka-teki laser, permainan menghafal pola, dan permainan mengurutkan gambar. Hasil black box testing menunjukan hasil valid yang menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan desain pengembang aplikasi. Hasil UAT didapatkan nilai 93,5% yang termasuk kategori “sangat baik”. Hasil validasi ahli didapatkan nilai 79,17% yang termasuk kategori “sangat baik”. Menurut hasil tes kompatibilitas, aplikasi dapat berjalan dengan lancar pada sistem Android dengan level API 23 ke atas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa game “Happi” dapat digunakan sebagai media pembelajaran homeschooling dengan baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23159 |
Uncontrolled Keywords: | edukasi usia dini, homeschooling, permainan edukasi, Unity |
Subjects: | E > E76 Educational games S > S900 System design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mr Muhammad Naufal Faza |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:45 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22641 |
Actions (login required)
View Item |