Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Tahun 2015-2022

PURWANINGSIH, Fita (2023) Analisis Indeks Pembangunan Manusia Indonesia Tahun 2015-2022. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf

Download (228kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (407kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (429kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (528kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf

Download (347kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fita Purwaningsih-C2A016019-Tesis-2023.pdf

Download (371kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Fita Purwaningsih-C2A019016-Tesis-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

Pembangunan ekonomi sejatinya tidak hanya terfokus pada pembangunan secara fisik dan struktural namun pembangunan kualitas serta kapasitas manusia yang sangat penting dan tidak boleh abaikan. Pembangunan manusia yang digambarkan melalui Indeks pembangunan manusia menjadi tolak ukur kualitas masyarakat. Indeks pembangunan manusia di Indonesia sejak tahun 2015-2022 memiliki kecenderungan meningkat setiap tahunnya. Namun, jika dibandingkan dengan negara di ASEAN, pada tahun 2020 indeks pembangunan manusia Indonesia mengalami penurunan yang di akibatkan adanya Covid-19. Penelitian ini memiliki keterbaharuan berupa penggunaan variabel angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini dan angka partisipasi kasar perguruan tinggi berpengaruh pada indeks pembangunan manusia. Sedangkan variabel lain yang digunakan yaitu unmet need pelayanan kesehatan, upah minimum provinsi, dan pandemi covid-19. Objek penelitian adalah 34 provinsi di Indonesia yang dianalisis menggunakan metode regresi data panel dengan software e-Views dan model yang terpilih yaitu teknik Random Effect Model. Hasil penelitian menunjukan unmet need pelayanan kesehatan berpengaruh positif dan signifikan, angka partisipasi kasar pendidikan anak usia dini berpengaruh positif dan signifikan, angka partisipasi kasar perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan, upah minimum provinsi berpengaruh positif dan signifikan, pandemi covid-19 berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia di Indonesia tahun 2015-2022. Rekomendasi kepada pemerintah pada sektor kesehatan pemerintah perlu meningkatkan akses pelayanan sehingga masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan dapat benar-benar mengakses pelayanan kesehatan dengan mudah. Pemerintah perlu meningkatkan sarana prasarana dan mempermudah masyarakat untuk dapat mengakses pendidikan dan upaya guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya jenjang pendidikan usia dini dan perguruan tinggi terhadap kualitas pendidikan masyarakat. serta meningkatkan sarana serta prasarana yang menunjang agar kualitas serta kuantitas pendidikan anak usia dini dan perguruan tinggi semakin baik

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223239
Uncontrolled Keywords: Indeks pembangunan manusia, Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini, Angka Partisipasi Kasar Perguruan Tinggi, Covid-19, Upah Minimum Provinsi, Unmet Need Pelayanan Kesehatan
Subjects: C > C646 Community development
H > H299 Human
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mrs FITA PURWANINGSIH
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:56
Last Modified: 28 Aug 2023 06:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23430

Actions (login required)

View Item View Item