Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Total Retail Experience terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di BUMDes UJUB Desa Srowot Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Jawa Tengah

PUTRA, Galih Hanofa Arya (2024) Pengaruh Total Retail Experience terhadap Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi di BUMDes UJUB Desa Srowot Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (203kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (226kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2025.

Download (326kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024.pdf.pdf

Download (587kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Galih Hanofa Arya Putra-C1B020088-Skripsi-2024..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk mengetahui pengaruh dari dimensi total retail experience (Perceived Product Quality, Product Variaety and Assortment, Internal Store Environment, Personal Interaction dan Product Price) terhadap minat beli ulang melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi di BumDes Ujub Desa Srowot Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di BumDes Ujub Desa Srowot Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Metode sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah responden 120 orang dan menggunakan metode survey dalam pengambilan datanya. Penentuan responden didasarkan pada kriteria: 1) Konsumen yang berbelanja minimal dua kali, 2) konsumen berusia minimal 17 tahun, dan 3) konsumen yang dapat sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan antar variabel bebas terhadap variabel terikat serta untuk menganalisis variabel mediasinya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan: 1) perceived product quality tidak berpengaruh terhadap minat beli ulang, 2) product variaety and assortment berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, 3) internal store environment berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, 4) personal interaction berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, 5) product price berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, 6) kepuasan pelanggan tidak memediasi hubungan antara perceived product quality terhadap minat beli ulang, 7) kepuasan pelanggan tidak memediasi hubungan antara product variaety and assortment terhadap minat beli ulang, 8) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara internal store environment terhadap minat beli ulang, 9) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara personal interaction terhadap minat beli ulang, dan 10) kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara product price terhadap minat beli ulang. Implikasi dari kesimpulan penelitian yang pertama BumDes Ujub dapat menambakan papan penunjuk barang guna mempermudah pelanggan dalam mencari letak barang yang dicari. Kedua, BumDes Ujub juga dapat memperluas bangunan supaya dapat menambah jenis produk dan ukuran produk yang lebih variatif sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Ketiga, karyawan BumDes Ujub hendaknya melakukan validasi transaksi (nominal atau jenis barang) setiap transaksi pembelian. Keempat, BumDes Ujub disarankan memberikan diskon untuk barang tertentu, terutama yang mendekati masa kadaluarsa. Kelima, BumDes Ujub disarankan lebih baik lagi dari segi penataan produk sehingga dapat terlihat dengan baik. Keenam, BumDes Ujub juga disarankan tetap mempertahankan kewajaran harga walaupun nanti dilakukan perluasan dan kelengkapan fasilitas lainnya karena kewajaran harga merupakan salah satu komponen penting untuk kepuasan pelanggan BumDes. Ketujuh, pemberian salam dan sapa kepada pelanggan saat pertama kali masuk juga disarankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24102
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Minat Beli Ulang, Total Retail Experience, Mediasi
Subjects: P > P668 Purchasing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Galih Hanofa Arya Putra
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:37
Last Modified: 24 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25263

Actions (login required)

View Item View Item