NURAPRIYANI, Novi Siti (2024) Analisis Kebutuhan Fitur Menggunakan Metode K-Means Clustering untuk Pengembangan Website Edukai PT. Kereta Api Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Download (100kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2025. Download (48kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2025. Download (186kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2025. Download (85kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Download (98kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Novi Siti Nurapriyani-H1D019012-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (761kB) |
Abstract
Dunia pendidikan di Indonesia semakin mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satu bentuk perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah penggunaan e-learning. Penelitian ini berfokus pada permasalahan keterbatasan fitur dalam platform e-learning (edukai) di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Ir. H. Djuanda PT. Kereta Api Indonesia (Persero), yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran jarak jauh bagi para pegawai. Dengan menggunakan metode clustering k-means, penelitian menganalisis kebutuhan fitur berdasarkan data dari 617 pegawai. Hasil clustering memunculkan tiga kelompok kebutuhan fitur, yaitu dengan cluster “prioritas utama”, “sedang” dan “bukan prioritas” mengarah pada pengembangan edukai games, edukaitube, dan edukai digital library sebagai prioritas utama. Selanjutnya, penelitian mengimplementasikan metode user centered design (UCD) untuk meningkatkan tampilan dan fungsionalitas platform berdasarkan kebutuhan pengguna dengan hasil pengujian terhadap sistem menggunakan blackbox menunjukan semua fitur valid. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa solusi ini dapat memberikan perbaikan yang signifikan pada edukai, meningkatkan pengalaman dan kinerja pengguna, terutama dalam konteks pembelajaran jarak jauh di PT. Kereta Api Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H24032 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Clustering, Data Mining, E-Learning, K-means |
Subjects: | I > I258 Internet in education |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Novi Siti Nurapriyani |
Date Deposited: | 24 Jan 2024 00:55 |
Last Modified: | 24 Jan 2024 00:55 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25275 |
Actions (login required)
View Item |