Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perancangan Sistem Online Monitoring Sensor Pyranometer dan Smart Meter Berbasis IoT Untuk PLTS Atap (Studi Kasus Projek Smart Microgrid di BRIN Serpong)

ICHRIMAH, Nurul Febrian (2024) Perancangan Sistem Online Monitoring Sensor Pyranometer dan Smart Meter Berbasis IoT Untuk PLTS Atap (Studi Kasus Projek Smart Microgrid di BRIN Serpong). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (552kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (547kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 January 2025.

Download (961kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf

Download (534kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (544kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perancangan sistem online monitoring sensor syranometer dan smart meter berbasis IoT untuk PLTS Atap ini merupakan salah satu projek yang dilakukan oleh unit kelompok riset Sistem Tenaga Microgrid di Pusat Riset Konversi dan Konservasi Energi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang bertempat di Serpong, Tangerang Selatan. Tujuan dari projek ini adalah membuat sistem monitoring berbasis IoT yang dapat dipantau dari jarak jauh untuk memantau nilai radiasi matahari dengan sensor pyranometer yang di pasang didekat panel surya serta mengukur dan memantau energi yang dihasilkan oleh PLTS dan energi yang dikonsumsi beban pada sebuah rumah yang menggunakan PLTS Atap menggunakan dua buah smart meter yang berbeda. Komponen utama yang digunakan diantaranya, sebuah komputer single-board yaitu raspberry pi 4 model B, TGW-735 (modul protokol komunikasi modbus gateway & RS-485), sensor pyranometer untuk mengukur radiasi matahari dalam satuan Watt/m2 dan smart meter untuk mengukur energi yang dihasilkan panel surya dan energi yang dikonsumsi beban. Perancangan sistem monitoring ini menggunakan Node-RED untuk pemrogramannya, selain itu Node-RED juga berfungsi untuk menginterkoneksikan data dari modbus ke cloud menggunakan protokol MQTT dan sebagai antarmuka ke database lokal MySQL Pengujian pembacaan nilai radiasi sensor pyranometer dilakukan di luar ruangan dengan bantuan sebuah software yaitu modbus poll, sedangkan pengujian terhadap smart meter beban dilakukan dengan mensimulasikan sistem monitoring yang telah dirancang dengan sebuah beban yaitu lampu LED T8 16 Watt dengan mengukur nilai energi yang dikonsumsi, tegangan, arus, frekuensi dan faktor daya lampu tersebut. Selanjutnya data hasil monitoring sensor pyranometer dan smart meter tersebut disimpan di database lokal kemudian divisualisasikan menggunakan aplikasi Grafana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H24025
Uncontrolled Keywords: PLTS, Modbus RS-485, Sistem Monitoring, Internet of Things, Node-RED
Subjects: E > E131 Electric power plants
I > I252 Internet
S > S481 Solar energy
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mrs NURUL FEBRIAN ICHRIMAH
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:52
Last Modified: 30 Jan 2024 00:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25395

Actions (login required)

View Item View Item