SULAIMAN, Eman (2023) Citra Inovatif Berbasis Nilai Untuk Meningkatkan Preferensi Konsumen Pada Keputusan Pembelian Produk UMKM. Doctoral thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Download (54kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Download (36kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (299kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 2 February 2025. Download (936kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Download (61kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Download (352kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Eman Sulaiman-C3A019004-Disertasi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merespon fenomena terkini terkait UMKM dengan mengeksplorasi isu-isu yang kontroversial UMKM dihadapkan pada tuntutan untuk mengembangkan nama merek dan mengadopsi inovasi dalam produk, layanan, dan model bisnis mereka, serta mengidentifikasi research gap dalam hubungan antara nama merek, preferensi konsumen, dan keputusan pembelian produk UMKM. Dalam mengatasi inkonsistensi hasil penelitian sebelumnya, penelitian ini mengembangkan konstruk baru yang disebut sebagai citra inovatif berbasis nilai (Values Based Innovative Image - VABII). Image Theory dan Teori Service Dominant Logic (SDL) menjadi landasan teoritis yang memandu penelitian ini dalam memahami dinamika interaksi antara UMKM, konsumen, dan nilai-nilai yang diinginkan. Metode penelitian menggunakan pendekatan survei dengan sampel yang terdiri dari 180 konsumen yang telah menggunakan produk UMKM di Jawa Barat. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik SEM AMOS, sesuai dengan kerangka konseptual yang diusulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara nama merek, citra inovatif berbasis nilai, preferensi konsumen, dan keputusan pembelian produk UMKM memiliki signifikansi statistik. Citra inovatif berbasis nilai terbukti berperan sebagai mediator yang kuat dalam mempengaruhi preferensi konsumen. Implikasi teoritis penelitian ini tidak hanya memperkaya teori pemasaran dengan mengintegrasikan konsep inovasi, nilai, dan citra merek, tetapi juga menyoroti pentingnya Teori SDL dan image theory dalam konteks UMKM. Implikasi manajerialnya mencakup rekomendasi konkrit untuk pengembangan merek, strategi customer value proposition, peningkatan citra merek, dan penguatan hubungan antara nama merek dan preferensi konsumen. Penelitian ini memberikan panduan yang berharga bagi pelaku UMKM di Jawa Barat dalam mengoptimalkan pengembangan merek, meningkatkan preferensi konsumen, dan mengambil keputusan pembelian yang tepat.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P323018 |
Subjects: | B > B100 Behaviorism M > M145 Measurement |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S3 Ilmu Manajemen |
Depositing User: | Mr Eman Sulaiman |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 01:19 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 01:19 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/25492 |
Actions (login required)
View Item |