Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implikasi Hukum Layanan Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik Di Pengadilan Agama Dalam Mewujudkan Peradilan Sederhana, Cepat Dan Biaya Ringan

RACHMANTO, Arif (2024) Implikasi Hukum Layanan Administrasi Perkara dan Persidangan Secara Elektronik Di Pengadilan Agama Dalam Mewujudkan Peradilan Sederhana, Cepat Dan Biaya Ringan. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf

Download (49kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB)
[img] PDF (ABSTRAK)
Abstrak-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] PDF (BabIII)
13. Bab III - 1 April 2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (BabV)
15. Bab V - 1 April 2024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Arif Rachmanto-E2A022007-Tesis-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Tuntutan era modern yang menginginkan layanan serba digital dengan memanfaatkan teknologi informasi telah merubah pola sistem layanan publik di hampir semua lembaga baik di pemerintahan maupun di sektor swasta. Mahkamah Agung sebagaimana amanat asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan juga berusaha meningkatkan layanannnya. Tahun 2018 Mahkmah Agung meluncurkan aplikasi e-Court dengan fitur e-Filing (Pendaftaran Perkara), e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara) dan e-Summons (pemanggilan pihak). Pada tahun 2019 kemudian aplikasi ini disempurnakan dengan penambahan fitur e-Litigation, sebagai sarana persidangan secara elektronik. Aplikasi e-Court merupakan inovasi layanan Mahkamah Agung dalam menghadapi era global, namun begitu ada beberapa permasalahan tentang bagaimana implikasi hukum layanan administrasi perkara dan persidangan di pengadilan agama setelah diterapkannya administrasi perkara dan persidangan secara elektronik dan dapatkah layanan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di pengadilan agama mendorong terwujudnya asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk menganalisis implikasi hukum layanan administrasi perkara dan persidangan di pengadilan agama setelah diterapkannya administrasi perkara dan persidangan secara elektronik dan menganalisis layanan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di pengadilan agama yang mampu mendorong terwujudnya asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Kajian penelitian ini termasuk dalam penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan analisis dan pendekatan perundangan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat disimpulkan dalam 3 (tiga) hal. Pertama, layanan administrasi perkara secara elektronik di pengadilan agama dapat memberikan kepastian hukum bagi masyarakat. Kedua, proses persidangan dalam Layanan persidangan secara elektronik di pengadilan agama sah menurut hukum dan putusan yang dihasilkan mengikat kepada para pihak berkepentingan. Ketiga, Layanan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di pengadilan agama dapat mendorong terwujudnya asas peradilan sederhana, cepat dan biaya ringan. Penerapan layanan administrasi perkara dan persidangan secara elektronik di pengadilan agama akan lebih baik jika linier dengan produk pengadilan agama, oleh karena itu disarankan memberlakukan akta cerai elektronik. Fakta bahwa selama ini mayoritas pendaftar secara elektronik adalah advokat, untuk itu disarankan agar pengadilan agama mengadakan sosialisasi persidangan elektronik kepeda segenap stake holder agar masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan beracara secara elektronik guna menyelesaikan permasalahan hukum yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224102
Uncontrolled Keywords: e-Court; Administrasi Perkara; persidangan Elektronik; Pengadilan Agama
Subjects: A > A52 Administrative law
I > I252 Internet
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr. ARIF RACHMANTO
Date Deposited: 22 May 2024 03:07
Last Modified: 22 May 2024 03:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/27291

Actions (login required)

View Item View Item