Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Mengurai Value-Action Gap Perilaku Pembelian Konsumen Hijau Melalui Faktor Intrafisik, Kontekstual, dan Prioritas Diri Pada Konsumen UKM Di Banyumas

NURONIAH, Siti Alipun (2024) Mengurai Value-Action Gap Perilaku Pembelian Konsumen Hijau Melalui Faktor Intrafisik, Kontekstual, dan Prioritas Diri Pada Konsumen UKM Di Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf

Download (587kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf

Download (837kB)
[img] PDF (BabI)
BabI-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BabII-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BabIII-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 August 2025.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BabIV-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BabV-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Siti Alipun Nuroniah-C1B020046-Skripsi-2024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami disparansi antara niat dan tindakan terkait konsumsi berkelanjutan pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Banyumas. Hal ini dilakukan dengan menganalisis bagaimana Environmental Concern, Green Self-Image, Altruisme, dan Self-Regulation serta Social Influence sebagai faktor pemoderasi, berpengaruh terhadap Green Purchase Behavior. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Survei dilakukan terhadap 208 Konsumen UKM di Banyumas, menggunakan metode sampel purposif untuk memastikan representasi responden yang relevan dengan penelitian. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan 1)Environmental Concern tidak berpengaruh signifikan terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas 2)Green Self-Image tidak berpengaruh positif terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas. 3)Altruisme berpengaruh positif terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas. 4) Self-Regulation berpengaruh positif terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas.5)a. Social Influence tidak memoderasi Environmental Concern terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas. b.Social Influence memoderasi Green Self-Image terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas. c.Social Influence tidak memoderasi Altruisme terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas dan d.Social Influence memoderasi Self-Regulation terhadap Green Purchase Behavior konsumen UKM di Banyumas. Implikasi yang dapat diambil dari penelitian ini adalah 1) Konsumen dapat mengidentifikasi produk hijau namun pengetahuan tersebut belum dapat langsung diartikan sebagai perilaku yang akan konsumen lakukan. 2) Konsumen yang cenderung melakukan pembelian hijau adalah konsumen dengan sikap self-prioritize baik seperti regulasi diri yang tinggi dan memiliki sifat tanpa pamrih. 3)Pelaku usaha dapat memaksimalkan variable pengaruh sosial atau Social Influence yang menjadi faktor penguat terhadap perilaku pembelian hijau dengan cara membuat “green community” sebagai pembentukan kolam niche konsumen yang dapat dilanjut dengan aktivasi community marketing untuk usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C24369
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Hijau, Sustainabilitas, Value-Action Gap, Konsumen Hijau, UKM
Subjects: M > M80 Marketing
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs. Siti Alipun Nuroniah
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:01
Last Modified: 05 Aug 2024 03:01
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/28321

Actions (login required)

View Item View Item