Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pembangunan Sektor Wisata Terhadap Perekonomian di Provinsi Jawa Tengah

KADARWATI, Kiki (2024) Pengaruh Pembangunan Sektor Wisata Terhadap Perekonomian di Provinsi Jawa Tengah. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
cover kiki.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Legalitas)
pengesahan kiki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak kiki.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (BabI)
bab 1 kiki.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (229kB)
[img] PDF (BabII)
bab 2 kiki.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (270kB)
[img] PDF (BabIII)
bab 3 kiki.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2025.

Download (231kB)
[img] PDF (BabIV)
bab 4 kiki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BabV)
bab 5 kiki.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
dapus kiki.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran kiki.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki potensi pada sektor pariwisata. Namun Jawa Tengah menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata terendah pada tahun 2017-2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sektor wisata dari jumlah hotel, jumlah restoran, jumlah daya tarik wisata, dan jumlah wisatawan terhadap perekonomian di Jawa Tengah dengan PAD sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan adalah data panel perKabupaten-Kota di Jawa Tengah dengan kurun waktu 2017-2022. Penelitian ini menggunakan teknik regresi data panel. Hasil penelitian ini (1) Jumlah hotel berpengaruh positif signifikan terhadap PAD dan perekonomian di Jawa Tengah. PAD juga dapat memediasi pengaruh dari jumlah hotel terhadap perekonomian di Jawa Tengah. (2) Jumlah restoran tidak berpengaruh terhadap PAD dan berpengaruh negatif signifikan terhadap perekonomian Jawa Tengah. PAD tidak dapat memediasi pengaruh dari jumlah restoran terhadap perekonomian di Jawa Tengah. (3) Jumlah daya tarik wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap PAD dan perekonomian di Jawa Tengah. PAD juga dapat memediasi pengaruh dari jumlah daya tarik wisata terhadap perekonomian di Jawa Tengah. (4) Jumlah wisatawan berpengaruh negatif signifikan terhadap PAD dan tidak berpengaruh terhadap perekonomian di Jawa Tengah. PAD dapat memediasi pengaruh jumlah wisatawan terhadap perekonomian di Jawa Tengah. Pemerintah daerah dapat menciptakan iklim pariwisata yang menarik bagi para wisatawan di berbagai sektor seperti tempat wisata, kuliner, budaya, hingga fasilitas hotel untuk menarik wisatawan berdatangan ke Jawa Tengah sehingga mampu meningkatkan PAD dan perekonomian Jawa Tengah. Keterbatasan dalam penelitian diduga masih terdapat variabel lain seperti pendapatan perkapita, tingkat inflasi, dan investasi yang dapat mempengaruhi PAD dan perekonomian.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224266
Uncontrolled Keywords: Perekonomian, Pendapatan Asli Daerah, Jumlah Hotel, Jumlah Restoran, Jumlah Daya Tarik Wisata, Jumlah Wisatawan
Subjects: C > C1009 Cultural tourism
E > E41 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mrs. Kiki Kadarwati
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:07
Last Modified: 28 Aug 2024 07:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item