Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh IPM, Ketenagakerjaan, Kesetaraan Gender dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah Dengan Pendekatan Generalized Method of Moments

HARDIANTY, Irma (2024) Pengaruh IPM, Ketenagakerjaan, Kesetaraan Gender dan Pembangunan Infrastruktur Terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah Dengan Pendekatan Generalized Method of Moments. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Pengesahan)
Pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (644kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (320kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2025.

Download (603kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAPUS.pdf

Download (466kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang bersifat multidimensi. Kemiskinan menjadi masalah penting bagi suatu negara bahkan tujuan yang pertama pada Sustainable Development Goals adalah pengentasan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh IPM, ketenagakerjaan, kesetaraan gender, infrastruktur panjang jalan, infrastruktur air, dan infrastruktur telekomunikasi terhadap kemiskinan di Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menganalisis menggunakan angka-angka. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari Badan Pusat Statistik. Jenis data yang digunakan adalah data panel dengan 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah pada periode waktu 2017-2022. Teknik analisis pada penelitian ini akan menggunakan Generalized Method of Moment (GMM). Hasil analisis menunjukkan (1) indeks pembangunan manusia memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Jawa Tengah baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. (2) Ketenagakerjaan tidak mempengaruhi kemiskinan di Jawa Tengah. (3) Kesetaraan gender tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Jawa Tengah. (4) Infrastruktur jalan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Jawa Tengah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. (5) Infrastruktur air tidak memiliki dampak terhadap kemiskinan di Jawa Tengah. (6) Infrastruktur telekomunikasi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Jawa Tengah, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini memiliki keterbatasan yang dapat dijadikan acuan kepada peneliti selanjutnya untuk menyempurnakan penelitian mengenai pengaruh infrastruktur terhadap kemiskinan. Diduga masih terdapat variabel-variabel lain yang mempengaruhi kemiskinan. Peneliti selanjutnya dapat menganalisis dari keseluruhan jenis infrastruktur pusat dan daerah karena sifat dan jenis pembangunan infrastruktur sangatlah berbeda-beda yang dikarenakan pola dan kepadatan penduduk suatu daerah berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224302
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, IPM, Ketenagakerjaan, Kesetaraan Gender, dan Pembangunan Infrastruktur
Subjects: P > P461 Poverty
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mrs IRMA HARDIANTY
Date Deposited: 30 Aug 2024 06:33
Last Modified: 30 Aug 2024 06:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29736

Actions (login required)

View Item View Item