Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Dana Desa, Dana Pembiayaan, dan Efektivitas Peraturan Daerah Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Purbalingga Tahun 2005-2022 : Metode Difference in Differences

PRIYONO, Teguh (2024) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan, Dana Desa, Dana Pembiayaan, dan Efektivitas Peraturan Daerah Terhadap Kemiskinan di Kabupaten Purbalingga Tahun 2005-2022 : Metode Difference in Differences. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Legalitas)
PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK TEGUH.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I TEGUH.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2025.

Download (408kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II TEGUH.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2025.

Download (607kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III TEGUH.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 September 2025.

Download (737kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV TEGUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V TEGUH.pdf

Download (248kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAPUS TEGUH.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN TEGUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan penting yang harus diselesaikan. Pada negara berkembang seperti Indonesia masalah kemiskinan masih menjadi permasalahan yang harus diselesaikan bersama-sama. Kabupaten Purbalingga juga memiliki permasalahan kemiskinan meskipun terdapat Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan asli daerah, dana bagi hasil, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dana pembiayaan, dan dana desa terhadap kemiskinan di Purbalingga serta menganalisis efektivitas dari Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengentasan Kemiskinan terhadap penurunan kemiskinan di Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Dan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan. Data yang digunakan adalah data time series dari tahun 2005-2022. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda dan difference in differences. Hasil analisis menunjukkan (1) PAD berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Purbalingga. (2) DBH berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Purbalingga. (3) DAU berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan di Purbalingga. (4) DAK tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Purbalingga. (5) Dana pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan di Purbalingga. (6) Dummy dana desa tidak berpengaruh terhadap kemiskinan di Purbalingga. (7) Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015 tidak efektif untuk menekan tingkat kemiskinan di Purbalingga. Pemerintah Kabupaten Purbalingga diharapkan melakukan pembenahan pada pengeluaran sesuai dengan asas akuntabilitas, transparan, dan profesional sesuai aturan yang berlaku. Selain itu pemerintah daerah dapat meninjau kembali Peraturan Daerah Nomor 9 tahun 2015 sehingga dapat berperan untuk menurunkan tingkat kemiskinan di Purbalingga. Diharapkan terdapat kolaborasi pentahelix antara Pemerintah Kabupaten Purbalingga, akademisi, pelaku usaha, media, dan masyarakat dalam bersama-sama menekan tingkat kemiskinan di Purbalingga.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P224307
Uncontrolled Keywords: Poverty, Government Spending, Effectiveness of Regional Regulations, Difference in Differences
Subjects: I > I60 Income
L > L294 Local government
P > P461 Poverty
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Mr TEGUH PRIYONO
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:09
Last Modified: 03 Sep 2024 01:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/29799

Actions (login required)

View Item View Item