KASTROGAN, KHARIS (2018) Analisis Kekuatan Rangka Batang Struktur Atas Jembatan Merah Sungai Serayu. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Download (137kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (397kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only until 9 December 2025. Download (340kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Download (259kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Download (135kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN KHARIS KASTROGAN H1D013048 _2018.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
Abstract
Jembatan merah sungai serayu merupakan jembatan yang sudah ada sejak zaman penjajahan belanda, dimana awalnya jembatan merah serayu digunakan sebagai jembatan penyeberangan kereta api yang mengangkut tebu. Jembatan merah sungai serayu memiliki panjang 105 m yang terbagi menjadi 2 bentang dan memiliki lebar jembatan sebesar 3,4 m. Jembatan merah sungai serayu merupakan jembatan yang menghubungkan jalan kelas III C dimana beban maksimum kendaraan yang dapat melalui kelas jalan tersebut maksimal sebesar 9 ton. Analisis bertujuan untuk mengetahui kapasitas jembatan merah sungai serayu dalam menerima kombinasi beban ultimit dan beban kerja, mengetahui batasan kendaraan yang dapat melalui jembatan tersebut berdasarkan stress ratio yang ada. Analisis kelayakan jembatan dilakukan menggunakan software SAP 2000 dengan memasukkan data pembebanan jembatan. Analisis mengacu pada SNI T02-2005 mengenai Perencanaan Struktur Baja Untuk Jembatan, SNI 1725:2016 mengenai Pembebanan Untuk Jembatan. Pada analisis ini diambil 4 jenis kendaraan, yaitu truck, bus 9 ton, bus 4,5 ton dan mobil penumpang untuk mengetahui batasan kendaraan yang dapat melewati jembatan tersebut. Struktur atas jembatan tersebut mempunyai stress ratio maksimum sebesar 2,745 pada penampang memanjang jembatan, dan angka kelangsingan yang tinggi pada ikatan angin. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa jembatan merah sungai serayu sudah tidak dapat dibebani dengan beban kendaraan lagi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H18197 |
Subjects: | B > B359 Bridge S > S755 Structural analysis Engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 01:25 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 01:25 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/30948 |
Actions (login required)
View Item |