RAMADHANI, Laily (2024) Analisis Faktor terhadap Perilaku Konsumtif Penggemar K-pop. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Download (290kB) |
|
PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Download (341kB) |
|
PDF (BabI)
BAB -I-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (432kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only until 18 December 2025. Download (500kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Download (311kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Download (437kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Laily Ramadhani-K1B020038-Skripsi-2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang terkenal akan keanekaragaman budayanya yang tidak hanya melibatkan tradisi lokal, tetapi juga menerima pengaruh dari berbagai budaya asing. Salah satu budaya asing yang masuk ke Indonesia adalah budaya Korea Selatan dan menghasilkan suatu fenomena yang dinamakan Hallyu. Musik K-pop menjadi salah satu budaya Korea Selatan yang sangat diminati di Indonesia. Penggemar K-pop biasa membeli dan menggunakan berbagai produk yang berkaitan dengan idolanya seperti merchandise sehingga menjadikan mereka memiliki sikap yang cenderung berlebihan dan konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif penggemar K-pop dalam membeli merchandise idolanya. Responden dalam penelitian ini adalah penggemar K-pop pengikut akun X (Twitter) @coppamagz. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor principal axis factoring dengan tujuh variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif penggemar K-pop dalam membeli merchandise. Faktor pertama yaitu preferensi belanja, faktor kedua yaitu keterhubungan emosional, faktor ketiga yaitu nilai dan estetika produk, faktor keempat yaitu eksklusivitas, faktor kelima yaitu media sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | K24213 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumtif, Hallyu, Analisis Faktor, Budaya Korea Selatan, Musik K-pop. |
Subjects: | C > C1010 Culture H > H305 Human behavior K > K45 Korea South |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > S1 Matematika |
Depositing User: | Mrs. Laily Ramadhani |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 06:34 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 06:34 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/31052 |
Actions (login required)
View Item |