Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Biaya Kualitas pada Industri Gula Semut Pekuncen Banyumas ( Pada rumah produksi gula semut Desa Semedo)

WICAKSONO, Budhiawan Aji (2019) Analisis Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Biaya Kualitas pada Industri Gula Semut Pekuncen Banyumas ( Pada rumah produksi gula semut Desa Semedo). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
1.COVER-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-BUDHIAWAN AJI WICAKSONO-C1B014119-SKRIPSI-F EKONOMI 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Pengaruh Penerapan Total Quality Management Terhadap Biaya Kualitas Pada Industri Gula Semut Pekuncen Banyumas. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh fokus pada pelanggan, obsesi pada kualitas, pendidikan dan pelatihan, benchmarking, kerjasama tim dan perbaikan berkesinambungan terhadap biaya kualitas. Hipotesis yang diajukan adalah Fokus pada Pelanggan, Obsesi pada Kualitas, Pendidikan dan Pelatihan, Benchmarking, Kerjasama Tim dan Perbaikan Berkesinambungan berpengaruh terhadap biaya kualitas. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui besarnya nilai koefisien determinasi (R ) sebesar 0,6373 artinya sebesar 63,73 persen variasi perubahan variabel biaya kualitas dapat dijelaskan oleh perubahan variabel fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendidikan dan pelatihan, benchmarking, kerjasama tim, dan perbaikan berkesinambungan sedangkan 36,27 persen dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan perhitungan uji diketahui nilai t hitung variabel fokus pada pelanggan terhadap kualitas sebesar 2,1803, nilai t hitung variabel obsesi terhadap kualitas sebesar 3,4208, nilai t hitung variabel pendidikan dan pelatihan sebesar 3,9752, nilai t hitung variabel benchmarking sebesar 2,9623, nilai t hitung variabel kerjasama tim sebesar -2,1161 dan nilai t 2 hitung variabel perbaikan berkesinambungan sebesar 2,1678 dan secara keseluruhan nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel atau nilai signifikansi yang kurang dari α (0,05). Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan biaya kualitas dapat dijelaskan oleh perubahan variabel fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, pendidikan dan pelatihan, benchmarking, kerjasama tim, dan perbaikan berkesinambungan berpengaruh terhadap terhadap biaya kualitas diterima. Untuk meningkatkan efisien biaya kualitas, produsen gula semut dapat melakukannya dengan :lebih menfokuskan pada permintaan pelanggan antara lain dengan menerima semua kritik dan saran untuk meningkatan kualitas produk gula semut dan mengidentifikasi kebutuhan setiap pelanggannya agar mampu memenuhi produk yang diingikan, meningkatkan obsesi terhadap kualitas produk antara lain selalu mengirimkan produk yang sama sesuai harapan pelanggan dan melakukan pemilihan metode untuk mengevaluasi kualitas produk yang dijual di pasaran, produsen mengikuti pendidikan dna pelatihan secara terus untuk meningkatkan kualits produksinya, meningkatkan kemampuan Benchmarking yaitu dengan lebih peka dalma merasakan perasingan produk yang semakin ketat, meningkatkan kerjasama tim antara lain dengan bekerja sama dengan semua anggota tim untuk bertanggung jawab terhadap kualitas produk dan mengerahkan semua kemampuan semua anggota tim secara maksimal untuk meningkatkan kualitas produk dan melakukan perbaikan berkesinambungan dengan mempertimbangkan masukan daari konsumen untuk meningkatkan kualitas produk dan menetapkan target perbaikan sesuai standar yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19092
Uncontrolled Keywords: Fokus pada pelanggan, Obsesi pada kualitas, Pendidikan dan pelatihan,Benchmarking, Kerjasama tim, Perbaikan berkesinambungan, Biaya kualitas.
Subjects: C > C881 Cost effectiveness
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 20 Dec 2019 03:13
Last Modified: 20 Dec 2019 03:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item