Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Margin Pemasaran Ikan Layang di Kabupaten Pati

SUSILOWATI, Ita (2019) Margin Pemasaran Ikan Layang di Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
COVER-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-2019.pdf

Download (40kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS- ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-2019.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
BAB-I-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-2019.pdf

Download (405kB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ITA SUSILOWATI-C1A015116-SKRIPSI-FEB-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif terhadap pemasaran ikan layang yang ada di Kabupaten Pati. Penelitian ini mengambil judul: “Marjin Pemasaran Ikan Layang di Kabupaten Pati”. Penelitian ini dilakukan di TPI Bajomulyo 2 Juwana dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui besarnya marjin pemasaran ikan layang di tiap – tiap saluran pemasaran dan besarnya efisien pemasaran ikan layang di Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan 2 metode analisis yaitu analisis marjin pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah nelayan dan pedagang ikan. Metode penentuan responden menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah responden sebesar 20 orang respoden. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 4 saluran pemasaran dengan 2 jenis produk ikan layang yang dipasarkan yaitu ikan layang beku dan ikan layang pindang. Saluran pemasaran terpendek dengan marjin pemasaran terendah terdapat pada saluran pemasaran 1 yang terdiri dari nelayan, TPI, pedagang besar, dan konsumen luar kota. Sedangkan saluran pemasaran terpanjang dengan marjin pemasaran terbesar terdapat pada saluran 4 yang terdiri dari nelayan, TPI, industri pengolah, pedagang besar, pedagang pengumpul, pedagang pengecer dan konsumen. Saluran pemasaran ikan layang untuk produk ikan layang beku, disimpulkan bahwa saluran 1 lebih efisien dibandingkan saluran 2. Sedangkan pemasaran untuk produk ikan pindang layang, saluran pemasaran 3 lebih efisien dibandingkan saluran pemasaran 4. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu produk ikan layang beku yang orientasi pemasarannya ke luar kota memiliki kualitas produk yang masih rendah dibandingkan dengan ikan layang pindang. Hal ini diakibatkan tidak adanya penanganan lebih lanjut dari pihak pedagang besar terhadap produk tersebut. Sehingga diharapkan adanya pengolahan lebih lanjut terhadap ikan layang beku guna meningkatkan kualitas dan nilai jual ikan layang beku di luar kota. Selain itu, kurangnya pengetahuan pedagang ikan mengenai pemasaran ikan layang diharapkan pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pati dan TPI Bajomulyo Unit 2 Juwana untuk memberikan penyuluhan, pembinaan kepada nelayan dan pedagang ikan mengenai harga, kualitas, sistem pelelangan, pemasaran, pelelangan dan kondisi pasar khususnya ikan layang guna menambah pengetahuan bagi pedagang mengenai pemasaran ikan layang yang lebih baik dan efisien, meningkatkan nilai jual ikan layang serta meminimalisir tingginya marjin pemasaran ikan layang. Sedangkan dalam upaya memaksimalkan pangsa pasar ikan layang diharapkan nelayan dan pedagang ikan untuk mampu memanfaatkan pasar dengan lebih memperhatikan permintaan pasar terhadap produk ikan layang baik ikan layang beku maupun ikan pindang layang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C19319
Uncontrolled Keywords: Ikan Layang, Marjin Pemasaran, Efisiensi Pemasaran, Kabupaten Pati
Subjects: M > M80 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 15 Jan 2020 07:38
Last Modified: 15 Jan 2020 07:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item