ROYYAN, Shakilla Zahra (2025) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Media Kahoot terhadap Self Confidence dan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Download (271kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Download (261kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (417kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (850kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2026. Download (743kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Download (284kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Shakilla Zahra Royyan-C1L021040-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya self confidence dan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Ajibarang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media Kahoot terhadap self confidence dan keaktifan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X sebanyak 431 orang. Teknik sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel 72 orang dari kelas X-9 dan X-11. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk self confidence dan lembar observasi keaktifan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas. Uji prasyarat penelitian ini yaitu normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis dengan uji independent sample t-test dan regresi linear sederhana. Analisis data dan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat peningkatan self confidence antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran team games tournament berbantuan media Kahoot dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat peningkatan keaktifan belajar antara peserta didik yang menerapkan model pembelajaran team games tournament berbantuan media Kahoot dengan peserta didik yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (3) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media Kahoot terhadap self confidence peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ajibarang; (4) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media Kahoot terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ajibarang. Implikasi dari penelitian ini yaitu diantaranya: (1) Guru dapat mengaplikasikan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament karena model ini menggunakan permainan dan turnamen sehingga memberikan peserta didik untuk aktif dalam pembelajaran; (2) Penerapan model pembelajaran team games tournament berbantuan media Kahoot dapat menjadi strategi bagi guru dalam meningkatkan kepercayaan dan keaktifan belajar; (3) Sekolah dapat mempertimbangkan pengoptimalan sarana dan prasana untuk menunjang penerapan model team games tournament berbantuan media Kahoot.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25305 |
| Uncontrolled Keywords: | Model team games tournament, Kahoot, self confidence, keaktifan belajar |
| Subjects: | S > S774 Study and teaching |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Mrs Shakilla Zahra Royyan |
| Date Deposited: | 19 Jun 2025 01:31 |
| Last Modified: | 19 Jun 2025 01:31 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
