Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistemdan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Karyawandi Kabupaten Banyumas dengan Dimediasi Sistem E-Filing

ARISAVITRI, Ratna Dewi (2018) Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistemdan Kualitas Pelayanan terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Karyawandi Kabupaten Banyumas dengan Dimediasi Sistem E-Filing. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1 cover.pdf

Download (545kB)
[img] PDF (Legalitas)
2 legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)
[img] PDF (Abstrak)
3 abstrak.pdf

Download (552kB)
[img] PDF (BabI)
4 bab1.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (602kB)
[img] PDF (BabII)
5 bab2.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (703kB)
[img] PDF (BabIII)
6 bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2026.

Download (607kB)
[img] PDF (BabIV)
7 bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB)
[img] PDF (BabV)
8 bab5.pdf

Download (605kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9 dapus.pdf

Download (575kB)
[img] PDF (Lampiran)
10 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-Filing terhadap tingkatkepatuhan wajib pajak karyawan di Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayananterhadap tingkat kepatuhan wajib pajak karyawan dengan dimediasi oleh sistem e-Filing.Penelitian ini mengambil populasi wajib pajak yang berstatus sebagai karyawan diwilayah kerja KPP Pratama Purwokerto. Sampel yang digunakan dalam penelitian inisebanyak 185 responden. Metode simple random sampling digunakan dalam penentuanresponden. Pengumpulan data menggunakan metode survey dengan kuesioner. Alatanalisis yang digunakan Structural Equation Modeling(SEM).Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan : (1)terdapat pengaruh positifkualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan terhadap penggunaan sistem eFiling.(2) terdapat pengaruh positif kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitaspelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak (3) sistem e-Filing berfungsi sebagai variabelmediasi antara kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan dengankepatuhan wajib pajak.Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa KPP Pratama Purwokerto dapatmeningkatkan kepatuhan wajib pajak melalui perbaikan dalam peningkatan sistem eFilingdengan cara peningkatan kualitas informasi, kualitas sistem dan kualitas pelayanan.Disamping itu aparat pajak harus lebih mensosialisasikan dan mengoptimalkan segalasesuatu mengenai kewajiban perpajakan baik mengenai perhitungan, pembayaran,pelaporan dan penggunaan sistem e-Filing. Dengan demikian, pengetahuan wajib pajaktentang perpajakan akan meningkat dan sistem administrasi perpajakan akan terlaksanadengan lebih baik sehingga dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. DirektoratJendral Pajak juga diharapkan dapat memperbaiki kualitas sistem e-Filing denganmenambah server website serta dengan meningkatkan kapasitas bandwidthnya supayasistem e-Filing dapat diakses oleh banyak wajib pajak secara bersamaan dalam satuwaktu, sehingga wajib pajak tidak mengalami permasalahan dalam melakukan pelaporan.Penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan memasukkan variabel lain sebagaivariabel anteseden, variabel mediasi atau variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan, sistem e-Filing dan tingkat kepatuhan wajib pajak
Subjects: T > T36 Taxation
Depositing User: Mr Fathu Rahman Rosyidi
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:52
Last Modified: 02 Jul 2025 04:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34682

Actions (login required)

View Item View Item