Zhafira, Tuhfah Alya (2025) Gambaran Perilaku pada Anak Tunagrahita yang Mengikuti Latihan Menari. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Download (309kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Download (502kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Download (452kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Download (856kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Tuhfah Alya Zhafira-I1B021076-FIKES-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam fungsi intelektual dan perilaku adaptif, yang sering ditunjukkan melalui perilaku agresif, impulsif, penarikan diri, serta kesulitan berinteraksi sosial. Salah satu bentuk stimulasi yang rutin diberikan untuk perubahan perilaku di sekolah inklusi adalah latihan menari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku anak tunagrahita yang mengikuti latihan menari. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan pada bulan Januari-Februari 2025. Jumlah responden terdiri dari 44 orang tua anak tunagrahita usia 6-12 tahun dengan teknik total sampling di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Perilaku diukur menggunakan kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) versi bahasa indonesia. Analisis data dilakukan secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang mengikuti latihan menari menunjukkan kecenderungan perilaku yang lebih adaptif, dengan 57,1% berada dalam kategori normal. Sebaliknya, 55,6% anak yang tidak mengikuti latihan berada dalam kategori abnormal. Masalah perilaku yang paling menonjol terdapat pada domain peer problems, baik pada anak yang mengikuti maupun tidak mengikuti latihan menari. Kesimpulannya, anak tunagrahita yang mengikuti latihan menari cenderung menunjukkan proporsi perilaku adaptif yang lebih tinggi berdasarkan hasil deskriptif dibandingkan yang tidak mengikuti. Latihan menari sebagai aktivitas rutin sekolah berpotensi mendukung perilaku adaptif anak tunagrahita.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | I25285 |
| Uncontrolled Keywords: | Anak Tunagrahita, Perilaku, Latihan Menari, Sekolah Luar Biasa |
| Subjects: | H > H305 Human behavior |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Ilmu Keperawatan |
| Depositing User: | Mrs Tuhfah Alya Zhafira |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 03:34 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 03:34 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/34922 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
