KISWARI, Pruistine Nabilla Dhyaning (2025) Transformasi Penyampaian Cerita Anime BanG Dream! Ke dalam Game BanG Dream! Girls Band Party! Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Download (398kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Download (552kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (364kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (405kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2026. Download (355kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Download (349kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Download (301kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas proses alih wahana dari anime BanG Dream! ke game BanG Dream! Girls Band Party! dengan fokus pada perubahan naratif dan penyampaian cerita. BanG Dream! merupakan proyek multimedia asal Jepang yang berkembang dari manga menjadi anime, dan kemudian diadaptasi ke dalam bentuk game ritme bergenre visual novel. Alih wahana ini menimbulkan pergeseran dalam penyampaian narasi akibat perbedaan karakteristik media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses alih wahana fokus pada perubahan naratif dan penyampaian cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang dianalisis berupa adegan adegan dari anime dan game yang mengalami perubahan signifikan. Analisis dilakukan menggunakan teori alih wahana menurut Damono dan teori strukturalisme berdasarkan unsur naratif Stanton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses alih wahana terjadi perubahan dalam bentuk penambahan, pengurangan, dan variasi cerita, terutama dalam aspek alur, karakter, dan latar. Perubahan tersebut disesuaikan dengan batasan teknis dan kebutuhan gameplay pada medium game. Penelitian ini memperkuat pandangan bahwa alih wahana bukan hanya sekadar pemindahan cerita, melainkan juga merupakan proses kreatif yang melibatkan penghilangan, penambahan, dan perubahan elemen naratif agar sesuai dengan logika medium yang baru. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kajian sastra, khususnya dalam bidang studi alih wahana dan adaptasi media lintas platform.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | J25159 |
| Uncontrolled Keywords: | alih wahana, BanG Dream!, anime, game, strukturalisme |
| Subjects: | L > L270 Literature History and criticism |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
| Depositing User: | Mrs. Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari |
| Date Deposited: | 23 Jul 2025 09:08 |
| Last Modified: | 23 Jul 2025 09:08 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35036 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
