Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Transformasi Penyampaian Cerita Anime BanG Dream! Ke dalam Game BanG Dream! Girls Band Party!

KISWARI, Pruistine Nabilla Dhyaning (2025) Transformasi Penyampaian Cerita Anime BanG Dream! Ke dalam Game BanG Dream! Girls Band Party! Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf

Download (398kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf

Download (552kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2026.

Download (364kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2026.

Download (405kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2026.

Download (355kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf

Download (349kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf

Download (301kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari_J1C020013_Skripsi_2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas proses alih wahana dari anime BanG Dream! ke game BanG Dream! Girls Band Party! dengan fokus pada perubahan naratif dan penyampaian cerita. BanG Dream! merupakan proyek multimedia asal Jepang yang berkembang dari manga menjadi anime, dan kemudian diadaptasi ke dalam bentuk game ritme bergenre visual novel. Alih wahana ini menimbulkan pergeseran dalam penyampaian narasi akibat perbedaan karakteristik media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses alih wahana fokus pada perubahan naratif dan penyampaian cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data yang dianalisis berupa adegan adegan dari anime dan game yang mengalami perubahan signifikan. Analisis dilakukan menggunakan teori alih wahana menurut Damono dan teori strukturalisme berdasarkan unsur naratif Stanton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses alih wahana terjadi perubahan dalam bentuk penambahan, pengurangan, dan variasi cerita, terutama dalam aspek alur, karakter, dan latar. Perubahan tersebut disesuaikan dengan batasan teknis dan kebutuhan gameplay pada medium game. Penelitian ini memperkuat pandangan bahwa alih wahana bukan hanya sekadar pemindahan cerita, melainkan juga merupakan proses kreatif yang melibatkan penghilangan, penambahan, dan perubahan elemen naratif agar sesuai dengan logika medium yang baru. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya kajian sastra, khususnya dalam bidang studi alih wahana dan adaptasi media lintas platform.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25159
Uncontrolled Keywords: alih wahana, BanG Dream!, anime, game, strukturalisme
Subjects: L > L270 Literature History and criticism
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs. Pruistine Nabilla Dhyaning Kiswari
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:08
Last Modified: 23 Jul 2025 09:08
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35036

Actions (login required)

View Item View Item