AMMAR, Muhammad Fakhri (2025) Persepsi Siswa tentang Nilai Asusila pada Pembelajaran Senam Lantai di SMA Negeri 1 Baturraden. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Download (91kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Download (359kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (355kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (698kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Download (164kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Download (620kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_MUHAMMAD FAKHRI AMMAR_I1E021059_FIKES_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa laki-laki terhadap nilai asusila dalam pembelajaran senam lantai di SMA Negeri 1 Baturraden. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidaknyamanan sebagian siswi saat melakukan gerakan senam lantai di hadapan siswa laki-laki, yang diduga berkaitan dengan persepsi visual yang tidak sesuai. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui angket tertutup berskala Likert yang disebarkan kepada 75 siswa laki-laki. Instrumen penelitian mencakup enam indikator, yaitu perhatian, minat, suasana hati, keunikan stimulus, intensitas stimulus, dan gerakan. Hasil Penelitian: Menunjukkan bahwa sebagian besar siswa laki-laki memiliki persepsi dalam kategori cukup sebesar 61,3%. Persepsi kategori “cukup” ini mengindikasikan bahwa siswa belum sepenuhnya memahami nilai moral dan etika dalam pembelajaran senam lantai. Mereka tidak secara eksplisit memandang senam lantai sebagai aktivitas yang mengandung nilai asusila, namun juga belum sepenuhnya menginternalisasi bahwa pembelajaran tersebut bersifat edukatif dan berorientasi pada keterampilan jasmani. Persepsi yang ambigu ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti minat dan perhatian, serta faktor eksternal seperti intensitas gerakan dan stimulus visual yang muncul saat pembelajaran berlangsung. Kesimpulan: persepsi siswa laki-laki masih perlu dibina melalui strategi pembelajaran yang menekankan nilai moral, etika, dan pendekatan yang sensitif terhadap perbedaan gender. Guru diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menanamkan sikap saling menghargai, serta memberikan pemahaman bahwa senam lantai merupakan bagian dari pembelajaran jasmani yang teknis, edukatif, dan berkarakter.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | I25293 |
| Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, nilai asusila, senam lantai, pendidikan jasmani |
| Subjects: | G > G294 Gymnastics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | Mr. Muhammad Fakhri Ammar |
| Date Deposited: | 24 Jul 2025 07:07 |
| Last Modified: | 24 Jul 2025 07:07 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
