RADIANINGSIH, Finita Trisela (2016) Perlindungan Hukum terhadap Pengunjung Sebagai Konsumen Jasa Pariwisata Taman Rekreasi Dreamland Park Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Download (544kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Download (526kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (606kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (786kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2026. Download (527kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Download (528kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-FINITA TRISELA RADIANINGSIH- E1A011138 -2016.pdf Download (578kB) |
Abstract
Pariwisata adalah kepergian orang-orang sementara dalam jangka waktu pendek ke tempat-tempat tujuan di luar tempat tinggal dan dan bekerja sehari-harinya serta kegiatan-kegiatan mereka selama berada di tempat tujuan tersebut, ini mencakup kepergian untuk berbagai maksud, termasuk kunjungan seharian/ darmawisata/ ekskursi. Perlindungan Hukum merupakan gambaran dari bekerjanya fungsi hukum untuk mewujudkan tujuan-tujuan hukum yakni keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum. Perlindungan hukum dapat diartikan sebagai perlindungan oleh hukum atau perlindungan dengan menggunakan pranata dan sarana hukum. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pengunjung sebagai konsumen Jasa Pariwisata Taman Rekreasi Dreamland Park Ajibarang dan untuk mengetahui tanggung-jawab pelaku usaha terhadap konsumen sebagai pengunjung yang telah dirugikan di Taman Rekreasi Dreamland Park Ajibarang. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian Yuridis Normatif. Dari hasil analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap pengunjung sebagai konsumen Jasa Pariwisata Taman Rekreasi Dreamland Park Ajibarang sesuai ketentuan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yaitu : Perlindungan hukum atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan; Perlindungan hukum untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan serta jaminan yang dijanjikan; Perlindungan hukum hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa; Perlindungan hukum untuk didengar pendapat dan keluhannya; Perlindungan hukum untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut; Perlindungan hukum untuk mendapatkan pembinaan dan pendidikan konsumen; Perlindungan hukum untuk diperlakukan atau layani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif; Perlindungan hukum untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya; Tanggung-jawab pelaku usaha terhadap konsumen sebagai pengunjung yang telah dirugikan di Taman Rekreasi Dreamland Park Ajibarang bertanggung jawab penuh dalam memberikan ganti rugi kepada konsumen sesuai dengan kerugian yang senyatanya berdasarkan pertimbangan yang layak yaitu sebesar Rp.500.000 setiap perkejadian. Saran penulis yang ajukan sebagai berikut: Perlu dilakukannya perubahan pada Pasal 19 ayat (2) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sehingga pemberian bentuk ganti rugi oleh pelaku usaha bersifat kumulatif. Perlindungan asuransi seharusnya tidak hanya disediakan untuk perkejadian saja, melainkan untuk setiap akibat kejadian tersebut seperti rawat setelah kejadian tersebut. Dengan adanya asuransi, pengunjung tempat rekreasi akan merasa lebih nyaman dan merasa terlindungi jiwanya. Selain itu, dari sisi bisnis, asuransi juga dapat menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan gairah usaha karena apabila konsumen mengetahui bahwa setiap pengunjung tempat rekreasi tersebut akan berekreasi ke tempat rekreasi tersebut.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | E16146 |
| Uncontrolled Keywords: | perlindungan hukum, konsumen, jasa pariwisata |
| Subjects: | C > C792 Consumer protection |
| Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
| Depositing User: | Mrs Endah Yuni Astuti |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 01:43 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 01:43 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
