DEWI, Mutiasati Citra (2017) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen atas Tindakan Tidak Hati-Hati Pelaku Usaha dalam Menjalankan Usahanya Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Study terhadap Putusan Mahkamah Agung Nomor 353 K/PDT.SUS-BPSK/2016). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (104kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
legalitas_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (558kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (97kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Kondisi konsumen yang banyak dirugikan memerlukan peningkatan upaya untuk melindunginya, sehingga hak-hak konsumen dapat ditegakkan. Kerugian-kerugian tersebut terjadi karena kurangnya ketidak hati-hatian pelaku usaha dalam menjalankan usahanya yang dilakukan oleh Mira Ariwahyuni dalam pemasangan kaca film mobil. Hak konsumen yang seharusnya didapat berdasarkan Pasal 4 uruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang/jasa. Namun dalam kenyataannya dalam penggunaan jasa pemasangan kaca film mobil yang dilakukan oleh Mira Ariwahyuni justru menyebabkan korsleting pada mobil Relan Valeriandsyah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Sumber bahan hukum yang digunakan adalah data primer, data sekunder dan data tertier dengan metode penyajian data secara uraian dan analisis data dilakukan secara normatif kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen atas tindakan tidak hati-hati pelaku usaha berdasarkan Pasal 4 huruf a dan huruf h Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yaitu pemberian ganti rugi yang dilakukan oleh Mira Ariwahyuni sejumlah Rp.5.000.000 (lima juta rupiah) dapat dikatakan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan karena dengan adanya pembayaran itu berarti Mira Ariwahyuni sebagai pelaku usaha sudah menunjukkan itikad baik dalam arti sudah memenuhi kewajibannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E17216 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Tindakan Tidak Hati-Hati, Pelaku Usaha |
Subjects: | C > C792 Consumer protection L > L75 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Anisa Sri Restanti |
Date Deposited: | 09 Nov 2018 03:08 |
Last Modified: | 06 Jan 2020 02:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/353 |
Actions (login required)
View Item |