KUSTOMO, Kustomo (2016) Analisis Pengaruh Intelligence Quotient, Motivasi Belajar, dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 COVER-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 LEGALITAS-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 ABSTRAK-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (BabI)
4 BAB I-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 BAB II-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 BAB III-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2026. Download (2MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 BAB IV-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 BAB V-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA-KUSTOMO-P2CC14021.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh intelligensi quotient terhadap prestasi belajar, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar, (3) pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XII SMANegeri 1 Purbalingga, dan (4) analisis kebiasaan belajar memoderasi pengaruh intelligence quotient terhadap prestasi belajar serta (5) analisis kebiasaan belajar memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subyek penelitian ini sebanyak 189 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling yang terdiri peserta didik program peminatan MIPA 140 responden dan program peminatan IPS 49 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi untuk variabel intelligence quotient, motivasi belajar, dan prestasi belajar sedangkan untuk variabel kebiasaan belajar menggunakan teknik angket. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda dan uji residual. Pengujian hipotesis menunjukkan (1) intelligence quotient berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai p-value (signifikansi) 0,000 < 0,05. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai p-value (signifikansi) 0,000 < 0,05. (3) Kebiasaan belajar berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik,dibuktikan nilai p-value (signifikansi) 0,001< 0,05. (4) Kebiasaan belajar memoderasi pengaruh intelligence quotient terhadap prestasi belajar peserta didik, dibuktikan nilai koefisien regresinya negatif (-0,162) dan nilai t hitung juga negatif (-3,613), serta pvaluenya (signifikansi) lebih kecil dari 0,05 (signifikansi 0,000 < 0,05).Kebiasaan belajar memoderasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar peserta didik,dibuktikan nilai koefisien regresinya negatif (-0,102) dan nilai t hitung juga negatif (2,434), sertap-valuenya (signifikansi) lebih kecil dari 0,05 (signifikansi0,016 <0,05).
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Intelligence Quotient, Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar |
| Subjects: | A > A19 Academic achievement |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Fathu R R |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:15 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 02:15 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
