Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Mengalami Kerugian Atas Kenaikan Tagihan Pembayaran Air Minum di PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya

SUKENDAR, Anis Nabila (2016) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Yang Mengalami Kerugian Atas Kenaikan Tagihan Pembayaran Air Minum di PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf

Download (601kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf

Download (723kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (615kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 August 2026.

Download (628kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf

Download (598kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ANIS NABILA SUKENDAR-E1A012257-2016.pdf

Download (612kB)

Abstract

Air merupakan sumber kehidupan bagi kelangsungan hidup seluruh mahluk hidup di bumi. Manfaat air dirasakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan di segala bidang. PDAM merupakan salah satu pelayanan umum yang menyediakan pelayanan berupa air minum bagi konsumen. Konsumen sebagai pengguna air minum akan membayar harga yang telah ditetapkan sesuai jumlah pemakaian air minum, akan tetapi banyak konsumen yang mengeluh karena tagihan pembayaran air minum yang mereka bayar tidak sesuai dengan jumlah pemakaian. Konsumen tentunya harus mendapatkan perlindungan hukum. Hal ini tidak terlepas dari perlindungan konsumen karena UUPK bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada konsumen agar tidak dirugikan oleh pelaku usaha. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif. Data sekunder dan data primer yang terkumpul kemudian diolah, disajikan dan dianalisa secara kualitatif dengan penyajian data teks naratif. Hasil penelitian menyatakan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen layanan air minum khususnya berkaitan dengan hak-hak konsumen sudah diterapkan dengan baik oleh PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya selaku pelaku usaha, khususnya mengenai Pasal 4 huruf a UUPK yaitu hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam barang dan/atau jasa, disini PDAM sudah melaksanakan kewajiban untuk memberikan pelayanan air minum yang baik kepada konsumen, selain itu mengenai Pasal 4 huruf h UUPK yaitu hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya, disini PDAM sudah menunjukan tanggung jawab dalam memberikan ganti rugi yang jumlahnya berdasarkan kebijakan Direktur Utama PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya. Namun demikian, PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya hendaknya lebih meningkatkan lagi pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E16135
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Air Minum, dan PDAM
Subjects: C > C792 Consumer protection
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Endah Yuni Astuti
Date Deposited: 01 Aug 2025 04:17
Last Modified: 01 Aug 2025 04:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35376

Actions (login required)

View Item View Item