Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Yayasan Puhua Melalui Puhua School dalam Memperkuat Hubungan People-to-People Indonesia-Cina

DONOVAN, Enan Agrippina (2025) Peran Yayasan Puhua Melalui Puhua School dalam Memperkuat Hubungan People-to-People Indonesia-Cina. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (917kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (803kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf

Download (811kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (831kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Yayasan Puhua melalui Puhua School sebagai kanal diplomasi budaya dalam memperkuat hubungan people-to-people Indonesia-Cina melalui pendekatan soft power. Puhua School yang merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya mengajarkan bahasa Mandarin tetapi tempat pertukaran nilai, tradisi, dan perspektif budaya yang diimplementasikan melalui metode pengajaran interaktif, penyelenggaraan kegiatan budaya, dan penyediaan lingkungan belajar yang mendorong toleransi dan saling memahami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Analisis ini menggunakan teori diplomasi budaya dan soft power untuk mengindentifikasi bagaimana interaksi lintas budaya Puhua School yang berkontribusi pada penguatan hubungan people-to-people Indonesia-Cina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Puhua School berperan efektif dalam menumbuhkan sense of belonging siswa dimana Puhua menyediakan tempat tidak hanya meningkatkan kompetensi bahasa tetapi membentuk adanya ikatan emosional yang mempererat hubungan Indonesia-Cina secara masyarakat. Dengan demikian, Puhua School merupakan salah satu pemerkuat hubungan people-to-people Indonesia-Cina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F25294
Uncontrolled Keywords: Puhua School, Diplomasi Budaya, Hubungan People-to-People, Sense of Belonging, Indonesia-Cina
Subjects: D > D183 Diplomacy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: Mrs. Enan Agrippina Donovan
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:46
Last Modified: 12 Aug 2025 06:46
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35742

Actions (login required)

View Item View Item