LEONARITA, Ghefira Rizky (2025) Pengaruh Perceived Scarcity terhadap Impulse Buying dengan Fear of Missing Out sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Grup Telegram Discountfess Official Chat). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
Legalitas-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
Abstrak-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Download (198kB) |
|
|
PDF (BabI)
Bab I-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (342kB) |
|
|
PDF (BabII)
Bab II-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (405kB) |
|
|
PDF (BabIII)
Bab III-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 August 2026. Download (378kB) |
|
|
PDF (BabIV)
Bab IV-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
|
PDF (BabV)
Bab V-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Download (225kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Download (215kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Ghefira Rizky Leonarita-C1B018082_Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
Abstract
Fenomena pembelian impulsif (impulse buying) menjadi semakin relevan dalam era digital, terutama di platform komunitas daring yang memanfaatkan strategi kelangkaan. Grup komunitas Telegram Discountfess Official Chat menjadi salah satu wadah penyebaran informasi promosi dan penawaran terbatas yang berpotensi menicu pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived scarcity terhadap impulse buying dengan fear of missing out sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 sampel. Instrumen berupa kuesioner telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data digunakan menggunakan regresi causal step melalui software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peceived scarcity berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, perceived scarcity juga berpengaruh signifikan terhadap fear of missing out, dan fear of missing out berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Selain itu, terdapat pengaruh mediasi parsial dari fear of missing out pada hubungan antara perceived scarcity dan impulse buying. Hal ini menandakan peran fear of missing out dalam mempengaruhi persepsi kelangkaan yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Temuan ini dapat menjadi acuan strategi promosi perusahaan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25402 |
| Uncontrolled Keywords: | Perceived Scarcity, Impulse Buying, Fear of Missing Out, Komunitas grup, Promosi |
| Subjects: | P > P668 Purchasing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs. Ghefira Rizky Leonarita |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:47 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 07:47 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/35828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
