TSANY, Ezar (2025) Peran Manajer Kampanye pada Kampanye Kehumasan “Remaja Banyumas Sehat Diabetes Minggat”. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 20 August 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_Ezar Tsany_F1C021061_NON SKRIPSI_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Meningkatnya prevalensi Diabetes Melitus (DM) di Kabupaten Banyumas, termasuk pada segmen remaja, merupakan isu kesehatan mendesak yang menuntut intervensi preventif komprehensif. Project Tugas Akhir Penciptaan Jenderal Soedirman ini bertujuan merancang dan mengimplementasikan kampanye kehumasan "Remaja Banyumas Sehat Diabetes Minggat" guna meningkatkan kesadaran dan pengetahuan remaja Banyumas tentang DM dan pentingnya pola hidup sehat. Dalam penciptaan karya ini, manajer kampanye berperan sentral dalam merancang strategi, mengoordinasikan tim, dan mengawal pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan hybrid (luring dan daring). Aktivitas daring melalui pengelolaan akun Instagram @healthyyouth.bms yang memproduksi konten edukatif dan memperoleh engagement rate 24%. Hasil kampanye luring yang dilaksanakan di SMA 2 Purwokerto menunjukkan efektivitas signifikan dalam transfer of knowledge, dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata Pre Test (6.4) menjadi Post Test (8.2), di mana 65.4% partisipan mengalami peningkatan pengetahuan. Kegiatan luring berhasil menjangkau perwakilan 12 SMA dan melakukan skrining pada 99 siswa, didukung kolaborasi erat dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas serta mendapatkan eksposur media di 2 media massa. Outcome kampanye ini adalah peningkatan kesadaran awal dan potensi remaja sebagai agen perubahan, serta model kampanye yang prospektif untuk replikasi. Meskipun menghadapi kendala non-teknis seperti manajemen waktu acara, kampanye ini berhasil mencapai tujuan edukasi dan membangun fondasi untuk inisiatif kesehatan remaja di masa depan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25366 |
| Uncontrolled Keywords: | Kampanye Kehumasan, Manajer Kampanye, Remaja, Diabetes Mellitus, Banyumas |
| Subjects: | P > P644 Public relations |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs. Ezar Tsany |
| Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:49 |
| Last Modified: | 20 Aug 2025 07:49 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
