Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Ambiguitas Leksikal dan Gramatikal pada Iklan Pakaian Muslimah Rabbani

SAPUTRI, Mita Dwi (2025) Ambiguitas Leksikal dan Gramatikal pada Iklan Pakaian Muslimah Rabbani. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf

Download (363kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2026.

Download (592kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2026.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2026.

Download (720kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf

Download (409kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mita Dwi Saputri-J1D019016-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas ambiguitas leksikal dan gramatikal pada iklan pakaian Muslimah Rabbani yang kerap menimbulkan penafsiran ganda dan kontroversi di masyarakat. Ambiguitas dalam bahasa iklan penting diteliti karena dapat memengaruhi pemahaman konsumen terhadap pesan promosi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk ambiguitas leksikal dan gramatikal yang terdapat pada iklan Rabbani. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode simak, teknik sadap, simak bebas libat cakap, dan catat. Instrumen penelitian berupa kartu data. Analisis dilakukan menggunakan metode agih dengan teknik bagi unsur langsung untuk mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk ambiguitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 26 data iklan yang mengandung ambiguitas. Ambiguitas leksikal ditemukan pada 15 kutipan, terdiri atas 14 homonim dan 1 polisemi. Ambiguitas gramatikal ditemukan pada 11 kutipan, meliputi 6 kasus pada pembentukan kata, 2 kasus pada frasa bercabang, dan 3 kasus karena konteks. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi bahasa iklan Rabbani banyak memanfaatkan permainan kata dan struktur kalimat yang berpotensi menimbulkan interpretasi ganda. Simpulan dari penelitian ini adalah ambiguitas dalam iklan Rabbani tidak hanya menjadi ciri kreatif bahasa iklan, tetapi juga dapat menimbulkan penafsiran beragam pada konsumen. Penelitian ini diharapkan memberi kontribusi pada kajian linguistik, khususnya semantik, serta menjadi acuan praktis bagi praktisi periklanan agar lebih cermat dalam memilih bahasa iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25240
Uncontrolled Keywords: ambiguitas leksikal, ambiguitas gramatikal, iklan, Rabbani
Subjects: A > A78 Advertising layout and typography
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Mita Dwi Saputri
Date Deposited: 22 Aug 2025 02:52
Last Modified: 22 Aug 2025 02:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36446

Actions (login required)

View Item View Item