AMALIYA, Erliana Muta'ali (2025) Posisi Daya Saing Ekspor Biji Pala (Myristica fragrans) di Pasar Non Tradisional. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Download (181kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Download (274kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Download (257kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Erliana Muta'ali Amaliya-A1G021003-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
Abstract
Pala (Myristica fragrans) merupakan komodoitas ekspor unggulan Indonesia yang memiliki nilai historis di kancah internasional. Biji pala diekspor dalam bentuk utuh dan ditumbuk atau bubuk. Kualitas pala Indonesia dinilai rendah karena besarnya kandungan aflatoksin akibat teknik pascapanen yang belum memadai sehingga berakibat pada penolakan di negara tujuan dan berpengaruh pada rendahnya harga jual pala di pasar Internasional (Indahwaty et al., 2023). Pasar ekspor Indonesia terbagi menjadi dua kelompok yaitu pasar tradisional dan pasar non tradisional. Kondisi perdagangan yang menurun di pasar tradisonal menuntut Indonesia untuk memperluas jangkauan pasar dengan merambah ke pasar non tradisional atau pasar potensial. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mengetahui adanya keunggulan komparatif 2) mengetahui adanya keunggulan kompetitif, dan 3) mengetahui posisi daya saing biji pala utuh maupun produk pala bubuk Indonesia di pasar non tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif-deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa nilai ekspor komoditas biji pala dengan kode HS 090811 untuk komoditas biji pala utuh dan biji pala bubuk dengan kode HS 090812 serta total nilai ekspor Indonesia di pasar non tradisional dengan data time series dari tahun 2013-2022. Tujuan pasar non tradisional untuk biji pala utuh adalah Vietnam, UEA, Rusia, Pakistan dan Thailand. Sedangkan tujuan pasar produk pala bubuk terdiri dari Belgia, Brasil, India Prancis dan Spanyol. Pengambilan data dilakukan melalui badan internasional Trade Map dan UN Comtrade. Analisis data menggunakan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk mengetahui adanya keunggulan komparatif, Export Competitiveness Index (ECI) untuk mengetahui adanya keunggulan kompetitif dan metode Export Product Dynamic (EPD) untuk mengetahui posisi daya saing dari biji pala utuh dan produk pala bubuk di pasar non tradisional. Hasil perhitungan RCA diketahui bahwa di pasar non tradisional, komoditas biji pala utuh dan pala bubuk memiliki keunggulan komparatif. Kemudian hasil perhitungan ECI menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan kompetitif untuk komoditas biji pala utuh dan produk pala bubuk kecuali di pasar Spanyol. Sedangkan hasil perhitungan EPD menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi Rising Star untuk komoditas biji pala utuh, sedangkan produk pala bubuk asal Indonesia yang menempati posisi Rising Star hanya di pasar India. Kemudian, pasar Belgia menempati posisi Lost Opprtunity, pasar Brasil menempati posisi Falling Star, sedangkan Prancis dan Spanyol menempati posisi Retreat. Indonesia dapat memperluas dan memfokuskan ekspor di pasar yang memiliki keunggulan kompetitif dengan posisi Rising Star. Ekspor komoditas biji pala utuh dapat difokuskan ke negara Vietnam, Uni Emirat Arab, Rusia, Pakistan dan Thailand. Sedangkan untuk ekspor produk pala bubuk dapat difokuskan pada negara India. Namun perlu adanya perbaikan dari berbagai sisi agar Indonesia tetap memiliki daya saing di pasar non tradisional.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | A25419 |
| Uncontrolled Keywords: | Daya Saing, Biji Pala, Pasar Non Tradisional |
| Subjects: | E > E502 Exports |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis |
| Depositing User: | Mrs Erliana Muta'ali Amaliya |
| Date Deposited: | 22 Aug 2025 07:07 |
| Last Modified: | 22 Aug 2025 07:07 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36708 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
