SARI, Puspa Indah (2025) Pengaruh EWOM dan Price Discount terhadap Pembelian Impulsif, dengan FoMO sebagai Variabel Moderator (Studi pada Komunitas Online Discountfess). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Download (136kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Download (403kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (483kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (509kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2026. Download (563kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (753kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Download (542kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Puspa Indah Sari-C1B018081-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (993kB) |
Abstract
Perkembangan pesat teknologi dan informasi diikuti oleh persaingan bisnis yang semakin ketat serta konsumen yang semakin kritis dan kreatif dalam mencari informasi produk yang ingin dibelinya. Perusahaan yang baru memulai mau tidak mau harus dapat bersaing dengan perusahaan besar yang dengan keberadaan e-commerce dapat menjual produknya secara langsung ke konsumen. Menghadapi hal ini dan untuk memastikan kelangsungan hidup perusahaan, pemasar dapat menerapkan stimulus yang dapat merangsang pembelian impulsif, dimana konsumen melewati proses pencarian dan evaluasi dan melakukan pembelian pada saat itu juga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh electronic word of mouth (EWOM) dan price discount pada pembelian impulsif, dengan fear of missing out (FoMO) sebagai variabel moderator. Penelitian ini dilakukan pada komunitas online Discountfess dimana merupakan tempat yang mewadahi pada “pemburu diskon”, konsumen dengan kecenderungan mencari diskon dan harga termurah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode perolehan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online terhadap 115 anggota komunitas online Discountfess. Data yang diperoleh di penelitian ini dianalisis menggunakan menggunakan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa EWOM berpengaruh positif terhadap pembelian impulsif, price discount tidak berpengaruh positif pada pembelian impulsif. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa FoMO dapat memperkuat pengaruh EWOM terhadap pembelian impulsif, tetapi tidak dapat memperkuat atau memperlemah pengaruh price discount terhadap pembelian impulsif. Hasil ini menunjukkan pentingnya EWOM dalam mendorong pembelian impulsif, terutama dalam ruang lingkup komunitas online dan konsumen dengan kecenderungan “berburu diskon” dan FoMO dalam memperkuat pengaruhnya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25446 |
| Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth, EWOM, Price Discount, Pembelian Impulsif, Fear of Missing Out, FoMO |
| Subjects: | P > P668 Purchasing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Mrs Puspa Indah Sari |
| Date Deposited: | 26 Aug 2025 04:22 |
| Last Modified: | 26 Aug 2025 04:22 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/36944 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
