ADAM, Yonatan (2025) Efektifitas Pelayanan Identitas Kependudukan Digital Kabupaten Kebumen. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Download (251kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB I_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2026. Download (404kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB II_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2026. Download (400kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB III_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2026. Download (461kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB IV_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB V_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Download (287kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Download (347kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_YONATAN ADAM_F2A023013_TESIS_2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kabupaten Kebumen dengan fokus pada tiga variabel utama, yaitu sosialisasi, pendampingan, dan komitmen organisasi. Latar belakang penelitian didasarkan pada masih rendahnya capaian aktivasi IKD di Kabupaten Kebumen, meskipun pemerintah telah menetapkan target 30% dari penduduk yang telah melakukan perekaman KTP elektronik pada tahun 2024. Rendahnya kesadaran masyarakat, keterbatasan literasi digital, hambatan teknis, dan kompetensi pegawai yang belum merata menjadi faktor yang diduga memengaruhi implementasi IKD. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh aparatur sipil negara (ASN) di 26 kecamatan di Kabupaten Kebumen, dengan sampel sebanyak 26 responden yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen resmi Disdukcapil dan publikasi pemerintah. Analisis dilakukan menggunakan uji regresi berganda untuk menguji pengaruh masing- masing variabel independen terhadap efektivitas pelayanan IKD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi, pendampingan, dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap efektivitas pelayanan IKD, baik secara simultan. Sosialisasi memiliki pengaruh terhadap efektivitas pelayanan, dengan intensifitas mampu meningkatkan pemahaman masyarakat, pendampingan terbukti tidak memiliki dampak pada aktivasi IKD di tingkat desa dan kecamatan, sedangkan komitmen organisasi juga tidak memperkuat akuntabilitas serta kualitas pelayanan publik. Penelitian ini menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, aparat kecamatan, dan masyarakat dalam mendukung digitalisasi administrasi kependudukan. Implikasi penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan kajian pelayanan publik berbasis e- government, sekaligus manfaat praktis berupa rekomendasi kebijakan peningkatan kualitas sosialisasi, penguatan kapasitas pegawai, serta pengembangan infrastruktur digital yang lebih merata. Dengan demikian, implementasi IKD di Kabupaten Kebumen diharapkan mampu meningkatkan efektivitas pelayanan publik yang cepat, mudah, transparan, dan akuntabel.
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | P225354 |
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Efektivitas pelayanan, Identitas Kependudukan Digital (IKD), sosialisasi, pendampingan, komitmen organisasi, e-government. |
| Subjects: | D > D174 Digital electronics |
| Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Administrasi Publik |
| Depositing User: | Mr YONATAN ADAM |
| Date Deposited: | 01 Sep 2025 01:24 |
| Last Modified: | 01 Sep 2025 01:24 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37261 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
