FEBRIANSYAH, Akmal (2016) Gerakan Sosial Perkotaan (Perjuangan “Save Master” Menolak Penggusuran Sekolah Masjid Terminal untuk Pengamen dan Anak Jalanan di Kota Depok, Jawa Barat Tahun 2015). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedriman.
|
PDF (Cover)
1 Cover Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Download (987kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 15 October 2026. Download (1MB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Download (987kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
9 Daftar Pustaka Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10 Lampiran Akmal Febriansyah F1D010014 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan strategi dan proses proses perjuangan SAVE MASTER menolak penggusuran Sekolah Masjid Terminal untuk pengamen dan anak jalanan di Kota Depok, Jawa Barat tahun 2015. Sasaran penelitian ini adalah kepala Sekolah Master, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM-UI), Komisi D DPRD Kota Depok, guru pembantu yang mengajar di Sekolah Master, dan pengamen dan anak jalanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumen. Metode analisis menggunakan metode analisis interaktif. Validasi data adalah dengan triangulasi sumber. Hasil dari penilitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, strategi dan proses perjuangan save master dalam menolak penggusuran sekolah master. Save Master menggunakan strategi advokasi, merupakan strategi yang digunakan untuk mengkritik kebijakan tetapi juga merancang perubahan sosial dan mereformasi sistem pemerintahan kearah yang lebih demokratis. Mediasi antara pihak Pemkot Depok, Pihak Pengembang, dan Yayasan Bina Insan Mandiri yang mengurusi Sekolah Masjid Terminal. Selain itu proses perjuangan gerakan Save Master diawali dengan lahirya gerakan Save Master tahun 2013 dipelopori oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM-UI). Proses perjuangan gerakan Save Master menggunakan berbagai aktifitas, seperti : melakukan propaganda melalui media sosial, aksi mural, dan penggalangan dana untuk mengantisipasi terjadinya penggusuran terhadap sekolah master. Faktor-faktor yang mempengaruhi gerakan Save Master dalam menolak penggusuran Sekolah Master, diantaranya : Banyaknya dukungan terhadap gerakan save master dalam menolak penggusuran sekolah master menjadi faktor pendorong gerakan Save Master. Selain itu ada beberapa faktor penghambat gerakan save master dalam menolak penggusuran sekolah master, diantaranya : posisi tawar sekolah master yang lemah, adanya ketidak jelasan status kepemilikan lahan Sekolah Masjid Terminal (Master), Adanya perbedaan pandangan antara Pemkot Depok dengan Sekolah Master.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16237 |
| Uncontrolled Keywords: | Gerakan Sosial, Sekolah Master, Save Master |
| Subjects: | S > S441 Social movements |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 01:13 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 04:55 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37697 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
