FAUZIAH, Arifah Nurul (2016) Film Sebagai Media Edukasi Alternatif Untuk Anak-Anak (Studi Kasus Penayangan Film Oleh Bioscil Di Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
1 Cover ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Legalitas)
2 Legalitas ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (Abstrak)
3 Abstrak ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Download (925kB) |
|
|
PDF (BabI)
4 Bab I ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (941kB) |
|
|
PDF (BabII)
5 Bab II ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (969kB) |
|
|
PDF (BabIII)
6 Bab III ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only until 21 October 2026. Download (953kB) |
|
|
PDF (BabIV)
7 Bab IV ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
PDF (BabV)
8 Bab V ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Download (925kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
9 Lampiran ARIFAH NURUL FAUZIAH F1C012069 - 2016.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Di era saat ini, para pendidik tengah banyak melakukan eksperimen dalam mengajar, salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi. Media yang digunakan semakin variatif jenisnya, seperti televisi, permainan, musik, video, film, dan sebagainya. Di Yogyakarta, terdapat sekelompok pemuda yang mewadahi anak-anak dalam mengenal lebih jauh mengenai nilai-nilai kebaikan melalui sarana yang menghibur, yaitu Bioscil. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik dalam meneliti lebih jauh mengenai praktik kegiatan pemutaran film Bioscil serta respon langsung anak-anak sebagai penonton, dalam judul penelitian “Film Sebagai Media Edukasi Alternatif Untuk Anak-Anak (Studi Kasus Penayangan Film Oleh Bioscil di Yogyakarta)”. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang teknik pengambilan datanya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang dipakai untuk melengkapi penelitian ini adalah teori belajar sosial yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Melalui penelitian yang telah dilaksanakan, penulis mendapatkan hasil bahwa Bioscil menjadi salah satu sarana untuk menyebarluaskan film yang bersifat edukatif kepada anak-anak. Selain itu, Bioscil juga berperan dalam memaksimalkan fungsi film sebagai media hiburan yang mengandung nilai baik bagi anak-anak. Meskipun pada praktiknya, peran tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti latar belakang usia dan pendidikan anak tersebut.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F16271 |
| Uncontrolled Keywords: | Bioscil, pemutaran film,media edukasi, anak-anak, edukasi aternatif |
| Subjects: | C > C631 Communication E > E69 Education F > F46 Fantasy films |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
| Depositing User: | Mrs Lati Larasati UPA Perpustakaan Unsoed |
| Date Deposited: | 21 Oct 2025 02:04 |
| Last Modified: | 19 Nov 2025 03:44 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37777 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
