ANINDHITA, Dyah (2025) Interaksi Sosial Remaja di Sekolah: Studi Kasus Perilaku Self-Centered Siswa SMP PGRI 4 Bogor. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Download (372kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2026. Download (537kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2026. Download (547kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 13 November 2026. Download (434kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (931kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Download (409kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dyah Ayu Nabila Anindhita-F1A020112-Skripsi-2025.pdf Download (436kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembentukan, dampak, serta upaya penanganan perilaku self-centered pada siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku self-centered terbentuk dari kombinasi faktor internal dan eksternal, yaitu pola asuh keluarga (permisif dan otoriter), kondisi ekonomi, dinamika kelompok sebaya yang eksklusif, serta keterbatasan fasilitas sekolah. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku self-centered meliputi konflik antarteman, kesulitan kerja sama, hambatan komunikasi dengan guru, dan pembentukan konsep diri yang tidak stabil yang bergantung pada penilaian orang lain (looking glass self). Upaya sekolah untuk mencegah dan mengurangi perilaku self-centered siswa dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif, layanan konseling, dan kegiatan ekstrakurikuler telah dilakukan, namun efektivitasnya masih terbatas akibat kesenjangan komunikasi lintas generasi dan kurangnya keterbukaan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pendekatan yang lebih holistik, adaptif, dan melibatkan seluruh ekosistem sosial siswa untuk mengarahkan perilaku self-centered menuju perkembangan yang lebih konstruktif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | F25400 |
| Uncontrolled Keywords: | Self-centered, Interaksi Sosial Remaja |
| Subjects: | S > S442 Social networking T > T78 Teenagers |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
| Depositing User: | Mrs. Dyah Ayu Nabila Anindhita |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 03:29 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 03:29 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
