Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Preferensi Pembelian Skincare secara Online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman

AULIA, Tazkiya (2025) Preferensi Pembelian Skincare secara Online pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2026.

Download (252kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2026.

Download (235kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2026.

Download (304kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf

Download (69kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tazkiya Aulia-C1A021065-Skripsi-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan penjualan produk skincare di Indonesia meningkat pesat, didorong oleh kesadaran masyarakat akan perawatan tubuh dan kehadiran e-commerce. Fenomena ini mengubah preferensi konsumen dari belanja offline ke online, terutama di kalangan mahasiswa. Berdasarkan survei pendahuluan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) diperoleh hasil 93 persen mahasiswa memilih membeli skincare secara online. Sekalipun di sekitar kampus terdapat 9 toko skincare. Hal ini menunjukkan adanya dinamika perilaku konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga skincare online, harga skincare offline, pendapatan, persepsi kemudahan, dan variasi produk terhadap preferensi pembelian skincare secara online mahasiswa FEB UNSOED. Penelitian ini menggunakan data primer dengan responden berjumlah 97 orang, yang merupakan mahasiswa D3 dan S1 aktif di FEB UNSOED. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Teknik pengelolaan data dalam penelitian ini menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistic 27 dan Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga skincare online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap preferensi pembelian skincare secara online pada mahasiswa FEB UNSOED. Persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi pembelian skincare secara online pada mahasiswa FEB UNSOED. Harga skincare offline, pendapatan, dan variasi produk tidak berpengaruh terhadap preferensi pembelian skincare secara online pada mahasiswa FEB UNSOED Impliksi dari hasil penelitian ini adalah penjual skincare online diharapkan dapat meningkatkan preferensi pembelian skincare online menggunakan strategi promosi dan diskon untuk menciptakan persepsi nilai yang tinggi. Selain itu, memprioritaskan pada pengalaman pengguna yang lancar, navigasi yang intuitif, dan proses transaksi yang mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C25495
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Harga, Pendapatan, Persepsi Kemudahan, Variasi Produk.
Subjects: B > B443 Buy national policy
C > C559 College students
D > D174 Digital electronics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Tazkiya Aulia
Date Deposited: 11 Nov 2025 04:29
Last Modified: 11 Nov 2025 04:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/37990

Actions (login required)

View Item View Item