Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

An Analysis of Gender Representation in Speaking Activity in English Textbook “Pathway to English” for Grade X

PRAMITA, Putri Rizqi (2025) An Analysis of Gender Representation in Speaking Activity in English Textbook “Pathway to English” for Grade X. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (97kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (105kB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 November 2026.

Download (80kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN-[PUTRI RIZQI PRAMITA]-J1E019052-SKRIPSI-2025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB)

Abstract

Representasi gender mengacu pada cara laki-laki dan perempuan digambarkan dan diberi peran dalam materi pembelajaran. Aspek ini krusial karena buku teks berperan besar dalam membentuk persepsi siswa tentang kesetaraan. Penelitian ini mengkaji representasi gender dalam aktivitas berbicara buku teks Pathway to English Kelas X, penelitian ini secara spesifik menjawab dua pertanyaan: (1) bagaimana gender direpresentasikan dalam buku tersebut, dan (2) proporsi kosakata laki-laki dan perempuan yang digunakan dalam dialog. Dengan menggunakan desain kualitatif deskriptif dan analisis dokumen berdasarkan kerangka Jones, Kitetu, dan Sunderland (1997) yang meliputi inisiasi dialog, pengambilan giliran, jumlah penutur, jumlah kata, dan proporsi kosakata. Hasil analisis menunjukkan bahwa inisiasi dialog (L: 45.5%, P: 45.5%), pengambilan giliran (L: 46.7%, P: 40%), jumlah kata (L: 46.8%, P: 43.5%), dan jumlah penutur (L: 43.5%, P: 39.1%) mengindikasikan representasi yang relatif seimbang, meskipun bebrapa ketimpangan tetap ada. Namun, kesenjangan substansial terlihat dalam proporsi kosakata, di mana kosakata terkait laki-laki menyumbang 83.5% dan kosakata terkait perempuan hanya 16.5%. Kesimpulannya, temuan mengungkapkan bahwa tokoh laki-laki muncul dan berbicara sedikit lebih sering, sementara tokoh perempuan berpartisipasi aktif tetapi menampilkan peran yang lebih responsif. Analisis kosakata menyoroti dominasi pada kosakata terkait laki-laki. Secara keseluruhan, buku teks tersebut telah menunjukkan upaya menuju kesetaraan gender, tetapi keseimbangan penuh belum tercapai. Penelitian ini merekomendasikan agar guru mendorong partisipasi yang setara, penulis buku teks menciptakan peran karakter yang lebih seimbang, dan peneliti di masa depan memperluas analisis pada buku teks lain atau aspek lain dari representasi gender.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J25275
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Berbicara, Buku Teks, Representasi Gender
Subjects: S > S255 Sex role
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. Putri Rizqi Pramita
Date Deposited: 25 Nov 2025 02:19
Last Modified: 25 Nov 2025 02:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38416

Actions (login required)

View Item View Item