DANANTARA, Erlangga (2025) Perceived Scarcity and Impulse Buying Behavior: Testing the Mediating Role of FOMO and Moderating Role of Hedonic Shopping Value. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
COVER-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Download (228kB) |
|
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Download (167kB) |
|
|
PDF (BabI)
BAB-I-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 December 2026. Download (268kB) |
|
|
PDF (BabII)
BAB-II-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 December 2026. Download (348kB) |
|
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only until 16 November 2026. Download (333kB) |
|
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (610kB) |
|
|
PDF (BabV)
BAB-V-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Download (211kB) |
|
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Download (253kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Erlangga Danantara-C1H021023-Skripsi-2025.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh persepsi kelangkaan terhadap pembelian impulsif dengan FOMO sebagai variabel mediasi dan nilai belanja hedonik sebagai variabel moderasi. Objek penelitian ini adalah merek fashion Rucas, yang dikenal dengan sistem peluncuran terbatasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ketidakkonsistenan hubungan antara persepsi kelangkaan dan pembelian impulsif dari temuan sebelumnya dengan memasukkan faktor psikologis dan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling purposif pada konsumen yang telah membeli produk Rucas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada konsumen Rucas di Indonesia yang telah melakukan setidaknya satu pembelian produk Rucas. Sebanyak 200 tanggapan dianalisis menggunakan pendekatan SEM dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kelangkaan memiliki efek yang signifikan namun negatif terhadap pembelian impulsif. Namun, persepsi kelangkaan memiliki efek positif terhadap FOMO, FOMO secara positif mempengaruhi pembelian impulsif, dan FOMO secara signifikan memediasi efek persepsi kelangkaan terhadap pembelian impulsif. Selain itu, nilai belanja hedonis ditemukan dapat melemahkan efek negatif persepsi kelangkaan terhadap pembelian impulsif, sehingga memperkuat hubungan antara kedua variabel tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa merek seperti Rucas sebaiknya mengoptimalkan keterlibatan emosional konsumen. Strategi seperti menciptakan narasi produk yang imersif dan menonjolkan koleksi terbatas dengan daya tarik estetika dapat memperkuat nilai emosional dan mendorong pembelian impulsif yang positif. Untuk penelitian lebih lanjut, disarankan untuk memperluas objek penelitian ke produk lain dan mempertimbangkan variabel tambahan untuk memperkaya model penelitian.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Nomor Inventaris: | C25523 |
| Uncontrolled Keywords: | Perceived Scarcity, Fear of Missing Out (FOMO), Hedonic Shopping Value, Impulse Buying, SOR Theory |
| Subjects: | S > S309 Shopping |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
| Depositing User: | Mr. Erlangga Danantara |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 00:59 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 00:59 |
| URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/38634 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
