SAFITRI, Eka (2017) Manajemen Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) |
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (55kB) |
|
PDF (BabI)
BAb I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (BabII)
BAb II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) |
|
PDF (BabIII)
BAb III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (BabIV)
BAb IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAb V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf Download (236kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pariwisata merupakan sektor dalam manajemen sektor publik. Oleh karena itu produk wisata dan promosi wisata sebagai inti dalam pariwisata harus dikelola dengan baik. Manajemen pariwisata yang dilakukan oleh organisasi-organisasi pariwisata perlu ditata, diorganisasi dan dijalankan menurut konsep-konsep manajemen dan permasaran ilmiah modern dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata dapat tercapai. Manajemen pariwisata menurut Salah Wahab (2003) meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, motivasi dan pengawasan. Manajemen pariwisata harus memperhatikan produk wisata dan promosi wisata pada suatu obyek wisata. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen pariwisata Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin dengan sasaran penelitian yaitu Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata KabupatenBanyumas, pengelola Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin dan pengunjung. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa perencanaan produk wisata dan promosi wisata dilakukan di bawah pengelolaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas. Secara pengorganisasian, Pengelola Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin hanya diberikan tugas operasional dalam mengurus obyek wisata. Sedangkan untuk promosi wisata masih sepenuhnya dikelola oleh dinas. Penggerakan produk wisata dan promosi wisata meliputi pengembangan dan pemeliharaan. Motivasi yang dilakukan terhadap karyawan dilakukan melalui pendekatan personal. Pengawasan yang dilakukan terhadap produk wisata dan promosi wisata di Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin dilakukan dengan pengamatan langsung, inspeksi teratur dan langsung melalui inspeksi mendadak, pelaporan lisan dan tulisan setiap hari senin, evaluasi pelaksanaan, serta diskusi dan koordinasi antara atasan dan bawahan dalam pelaksanaan suatu kegiatan. Kesimpulan penelitian ini ialah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, motivasi dan pengawasan terhadap produk wisata Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin sudah dilakukan dengan cukup baik meskipun terdapat beberapa komponen produk yang belum optimal dikelola. Fungsi manajemen terhadap promosi wisata Obyek Wisata Pemandian Air Mineral Kalibacin juga sudah cukup baik meskipun dalam pengelolaannya masih dilakukan secara bersama-sama dengan obyek wisata lain di bawah Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F17471 |
Subjects: | C > C1009 Cultural tourism N > N52 Natural resources Management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | Mr Fathu Rahman Rosyidi |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 03:24 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 03:24 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/5396 |
Actions (login required)
View Item |