Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pendidikan Seksualitas dalam Keluarga (Komunikasi Antarpribadi Orangtua Bekerja dengan Remajanya dalam Mencegah Perilaku Seksual Pranikah)

NURHAITAMI, Muffliha (2020) Pendidikan Seksualitas dalam Keluarga (Komunikasi Antarpribadi Orangtua Bekerja dengan Remajanya dalam Mencegah Perilaku Seksual Pranikah). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA -Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (lampiran)
LAMPIRAN-Muffliha Nurhaitami-F1C016091-Skripsi-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)

Abstract

Perilaku seksual Pranikah pada remaja merupakan suatu fenomena yang semakin ramai terdengar di kalangan masyarakat salah satunya terjadi di Indonesia. Penelitian ini berusaha untuk menganalisa bagaimana pemaknaan remaja terhadap informasi pendidikan seksual yang telah diberikan orang tuanya dapat diterima, dipahami serta diterapkan oleh anak guna berupaya untuk mencegah adanya perilaku seksual pranikah agar tidak terjadi timbulnya penyimpangan sosial yang ramai terjadi dan hambatan proses komunikasi di dalamnya. Dalam menganalisa suatu makna informasi Pendidikan seksual peneliti menggunakan Teori Manajemen Koordinasi makna yang dikemukakan oleh Pearce Barnett dan Vernon yang dicetuskan tahun 1978. Bahwa makna dari komunikasi yang dibentuk akan menciptakan suatu kesamaan dan pemahaman dari pelaku komunikasi. Peneliti berpacu pada 3 konsep yaitu Manajemen, Koordinasi dan Makna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini dilakukan pada empat keluarga yang terdiri dari empat orang tua dan empat anak remajanya dengan rentang usia 13-18 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak remaja secara garis besar dapat menerima baik informasi tentang Pendidikan seksual dari orang tuanya masing-masing, dari seluruh informan orang tua maupun anak remaja secara konsisten menempati posisi aturan serta makna. Setiap orang tua memiliki strategi komunikasi yang berbeda untuk melakukan pendekatan pada anaknya yang menjadikan anak lebih terbuka dalam melakukan segala penyampaiannya yang mereka ingin katakan kepada orang tuanya. Keterbukaan informasi yang terjadi pada remaja terhadap orang tuanya jika berkaitan dengan Pendidikan seksual sebagian besar dilakukan secara terbuka dan tidak ada yang tertutup pada orang tua mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20191
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Seksual, Komunikasi Antarpribadi Orang Tua Dengan Remaja, Perilaku Seksual, Koordinasi, Manajemen, Makna, Komunikasi dalam Keluarga
Subjects: C > C631 Communication
F > F28 Family life
S > S248 Sex education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Muffliha Nurhaitami
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:52
Last Modified: 17 Nov 2020 07:52
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/6195

Actions (login required)

View Item View Item