Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pemilihan Moda antara Mobil Pribadi dan Angkutan Pemadu Moda Tujuan Yogyakarta International Airport dengan Teknik Stated Preference

DWIPAYANA, Teguh Rangga (2021) Analisis Pemilihan Moda antara Mobil Pribadi dan Angkutan Pemadu Moda Tujuan Yogyakarta International Airport dengan Teknik Stated Preference. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016007-Skripsi-2021.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016007-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf

Download (568kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf

Download (469kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Teguh Rangga Dwipayana-H1B016003-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perpindahan penerbangan dari Bandara Adi Sutjipto ke Yogyakarta International Airport menimbulkan adanya bangkitan dan tarikan baru pada kawasan YIA. Oleh karena itu pemerintah menyediakan angkutan pemadu moda (bus Damri) sebagai alternatif moda untuk masyarakat ketika melakukan perjalanan menuju YIA. Namun pada kenyataan yang ada dilapangan adanya moda tersebut belum menarik minat masyarakat. Terlihat dari data loadfactor bus Damri pada bulan Maret hingga Agustus 2020 yang hanya sebesar 12,20% yang mengindikasikan bahwa ketertarikan masyarakat terhadap moda tersebut masih sangat rendah. Berdasarkan hal tersebut, adanya sebuah preferensi terhadap pemilihan moda antara mobil pribadi dan juga bus Damri. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana preferensi pelaku perjalanan terhadap pemilihan moda antara mobil pribadi dan bus Damri berdasarkan atribut perjalanan yang telah terpilih, atribut tersebut yaitu biaya perjalanan, waktu tempuh, headway dan juga biaya parkir. Selain itu untuk mengetahui model pemilihan moda antara mobil pribadi dan bus Damri agar dapat diketahui potensi perpindahan moda berdasarkan atribut yang berpengaruh dalam pemilihan moda tersebut. Tujuan yang terakhir adalah untuk mengetahui nilai elastisitas dan juga sensitivitas pada setiap atribut perjalanan yang telah terpilih. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Stated Preference. Metode ini adalah teknik survei yang dilakukan berdasarkan pertanyaan pengandaian yang dihubungkan dengan atribut-atribut perjalanan. Penelitian ini mengggunakan 10 skenario kombinasi atribut pada desain kuisioner yang mengacu pada metode Orthogonal Desain. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuisioner dengan teknik wawancara kepada responden pengguna mobil pribadi. Data sekunder diperoleh dari perusahaan bus Damri cabang Yogyakarta. Permodelan dilakukan dengan menggunakan model logit binomial selisih dengan regresi linier berganda pada program Microsoft Excel 2019. Berdasarkan hasil pengolahan data kuisioner para responden dihasilkan bahwa atribut yang berpengaruh dalam memilih moda mobil pribadi dan juga bus Damri adalah biaya perjalanan, waktu tempuh, headway dan juga biaya parkir. Dengan persamaan model pemilihan moda adalah: Umobil -Ubus Damri = 168,8061 – 0,0046X1 – 3,793X2 + 4,5722X3 - 0,0043X4 dimana: X1 = selisih biaya perjalanan mobil pribadi dan bus Damri X2 = selisih waktu tempuh mobil pribadi dan bus Damri X3 = selisih headway mobil pribadi dan bus Damri X4 = selisih biaya parkir mobil pribadi dan bus Damri Selain itu berdasarkan analisis elastistas langsung, silang dan juga analisis sensitivitas atribut yang paling sensitiva adalah biaya perjalanan dan waktu tempuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H21003
Uncontrolled Keywords: Stated Preference, pemilihan moda, logit binomial selisih, elastisitas, sensitivitas
Subjects: M > M130 Mathematical analysis
T > T283 Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Teguh Rangga Dwipayana
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:44
Last Modified: 19 Jan 2021 04:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item View Item