MAULANA, Febri (2021) Analisis Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone terhadap Pengemudi sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial Design dan Driving Simulator. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Download (839kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (436kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Download (935kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) |
|
PDF (BabVI)
BAB-VI-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Download (942kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Febri Maulana-H1E016008-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (926kB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas menyebabkan 1.25 juta orang meninggal setiap tahunnya. Sebagian besar kecelakaan di jalan raya diawali oleh perilaku pengendara yang melanggar aturan lalu lintas, seperti menggunakan smartphone saat berkendara. Penggunaan smartphone di era modern ini semakin meningkat, tidak jarang pengemudi menggunakan smartphonenya saat berkendara. Hal ini berakibat buruk terhadap aktivitas berkendara yang dilakukan pengemudi tersebut. Saat pengemudi tersebut menggunakan smartphonenya saat berkendara, pengemudi tersebut tidak dapat fokus. Gangguan yang dialami disebut driving distraction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh driving distraction, berdasarkan time activity, time traffic dan jenis jalan, dan mencari kondisi yang seperti apa yang aman dan dapat ditoleransi untuk menggunakan smartphone saat berkendara. Metode yang digunakan adalah metode multilevel factorial desain. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 88.8% dari 241 responden menggunakan smartphone saat berkendara, dan aktivitas terbanyak yang dilakukan adalah membaca pesan. Penggunaan smartphone selama 10 detik cenderung aman dikarenakan tingkat terjadinya kecelakaan yang rendah (mencapai 0%), yaitu pada kondisi jalan dengan empat lajur dan traffic off-peak. Penggunaan smartphone selama 25 detik memiliki tingkat rasio terjadinya kecelakaan tertinggi yaitu 70% pada kondisi jalan dengan dua lajur dengan traffic peak hour. Penggunaan smartphone selama 45 detik sangat tidak disarankan untuk dilakukan, dikarenakan tingkat terjadinya kecelakaan yang tinggi (mencapai 100%), terutama di jalan dengan dua lajur dengan traffic peak hour. Terdapat satu kondisi yang cenderung aman untuk menggunakan smartphone saat berkendara yaitu dengan nilai Y = 1.450 (tingkat kecelakaan yang rendah atau cenderung tidak terjadi), kondisi tersebut ialah kombinasi antara durasi 10 detik, jalan 2 lajur dan traffic off-peak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H21059 |
Uncontrolled Keywords: | Driving distraction, Multilevel Factorial design, Smartphone |
Subjects: | A > A27 Accidents Prevention T > T255 Traffic accidents |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri |
Depositing User: | Mr Febri Maulana |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:32 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:32 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/8427 |
Actions (login required)
View Item |