Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19

GUSALE, Muhammad Fajar (2021) Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei pada peserta didik kelas XI IPS di MA Mathalibul Huda Mlonggo. Penelitian ini mengambil Judul “Pengaruh Pembelajaran Sistem Daring, Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19”. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang menyebabkan rendahnya kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Mathalibul Huda Mlonggo di masa pandemi Covid-19. Sedangkan Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pembelajaran sistem daring terhadap kemandirian belajar, pengaruh motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, dan pengaruh fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di MA Mathalibul Huda Mlonggo di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MA Mathalibul Huda Mlonggo. Pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling di kelas XI IPS dengan jumlah 121 responden yang ditentukan menggunakan rumus slovin. Adapun untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran sistem daring berpengaruh negatif terhadap kemandirian belajar, (2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar, (3) Fasilitas belajar berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu dalam upaya meningkatkan kemandirian belajar, MA Mathalibul Huda sebaiknya memperhatikan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan pembelajan sistem daring, motivasi belajar dan fasilitas belajar. Terkait pembelajaran daring yang berpengaruh negatif terhadap kemandirian belajar, perlu dilakukan peningkatan pembelajaran daring dengan cara: (1) Membantu peserta didik dalam mengerjakan tugasnya dengan memberikan pendampingan dan pengawasan secara daring, (2) Membantu peserta didik dalam memecahkan masalah belajar dengan memberikan bimbingan daring secara intens bagi peserta didik yang memiliki masalah belajar, (3) Membantu sekolah untuk merespon lebih cepat terhadap perubahan dengan menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, (4) Meningkatkan dan mengembangkan edukasi dalam proses pembelajaran daring dengan pemilihan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar peseta didik, memudahkan serta membuat proses pembelajaran berjalan lebih efektif dan efisien, (5) Meningkatkan kesuksesan akademis pembelajaran daring dengan pemilihan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran sekaligus meningkatkan prestasi belajar. Terkait motivasi belajar yang berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar, perlu dilakukan peningkatan motivasi belajar dengan cara: (1) Meningkatkan kualitas keterlibatan peserta didik dalam belajar yang tinggi dengan memilih metode dan media pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan materi yang akan bahas saat pembelajaran daring agar peserta didik terdorong untuk lebih aktif dalam pembelajaran serta lebih memahami materi yang diajarkan, (2) Meningkatkan perasaan dan keterlibatan efektif peserta didik yang tinggi dalam belajar dengan pemberian penghargaaan bagi peserta didik yang berprestasi saat pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, (3) Meningkatkan pemeliharaan atau penjagaan agar peserta didik senantiasa memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan membuat program atau kegiatan pembinaan wali kelas sekali dalam seminggu. Terkait fasilitas belajar yang berpengaruh positif terhadap kemandirian belajar, perlu dilakukan peningkatan fasilitas belajar dengan cara: (1) Meningkatkan tempat atau ruang belajar dengan menghimbau peserta didik agar senantiasa membersihkan dan merapikan ruang belajar, membuka ventilasi agar sirkulasi udara dalam ruangan tetap terjaga dan mengatur pencahayaan dalam ruang belajar, (2) Meningkatkan alat bantu belajar dengan meminjamkan fasilititas sekolah seperti komputer, laptop atau handphone bagi peserta didik yang tidak memiliki alat untuk untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran daring, (3) Meningkatkan perabot belajar dengan menghimbau peserta didik untuk menggunakan meja dan kursi belajar serta menata buku-buku pelajaran dalam rak buku khusus buku pelajaran, (4) Meningkatkan sumber belajar dengan memberikan bantuan kuota internet agar peserta didik dapat mengakses sumber belajar yang lebih luas melalui internet. Adapun untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel moderasi untuk mengetahui adanya kemungkinan variabel lain yang dapat memperkuat ataupun memperlemah hubungan korelasi antara pembelajaran sistem daring, motivasi belajar dan fasilitas belajar serta melakukan penyebaran kuesioner secara langsung kepada responden untuk menghindari bias seleksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21133
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Pembelajaran Sistem Daring, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar
Subjects: I > I258 Internet in education
I > I64 Independent study
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Muhammad Fajar Gusale
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:27
Last Modified: 19 Apr 2021 03:27
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item