Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, dan Pemanfaatan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Al Hikmah Muncar

FAWAID, Rizal (2021) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, dan Pemanfaatan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Al Hikmah Muncar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf

Download (450kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf

Download (660kB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB-I-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB-II-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB-V-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf

Download (572kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Ahmad Rizal Fawaid-C1M014027-skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar; (2) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar; (3) Pengaruh pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Hikmah Muncar tahun ajaran 2020/2021 dengan mengambil sampel sebanyak 47 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) kompetensi professional guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya guru yang memiliki keterampilan mengajar yang baik, memiliki wawasan yang luas, menguasai kurikulum dan indikator guru professional lainnya maka tinggi hasil belajar yang didapatkan; (2) media pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya semakin efektif media pembelajaran maka tinggi pula hasil belajar siswa yang didapatkan; (3) pemanfaatan waktu belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya semakin siswa dapat mengelola waktu belajarnya dengan baik maka tinggi pula hasil belajar yang didapatkan. Implikasi dari penelitian ini, guru hendaknya meningkatkan dalam hal menaruh perhatian pada siswanya. Karena dengan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran akan berdampak pada ilmu yang didapatakan pada kegiatan belajar mengajar; siswa hendaknya lebih pintar dalam mengelola waktu belajar dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang maksimal; sekolah hendaknya kepala sekolah beserta komitenya dapat menganggarkan RAPBS untuk menyediakan berbagai media pembelajaran demi tercapainya hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: Hasil belajar siswa, Kompetensi professional guru, Media pembelajaran, Pemanfaatan waktu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21219
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Kompetensi professional guru, Media pembelajaran, Pemanfaatan waktu belajar.
Subjects: C > C716 Concept learning
S > S774 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Ahmad Rizal Fawaid Al Amin
Date Deposited: 31 Jul 2021 05:38
Last Modified: 31 Jul 2021 05:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item