PUTRI, Awalia Rizkiani (2021) Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Lubricants terhadap Program Bank Sampah Berseri di Masa Pandemi COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Download (678kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Download (802kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (816kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (817kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Download (286kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Awalia Rizkiani Putri-F1C017022-Skripsi-2017.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan komponen penting dalam Public Relations (PR) dari sebuah perusahaan. Program bank sampah yang merupakan program unggulan CSR PT Pertamina Lubricants telah dilaksanakan pada Production Unit Jakarta dan Production Unit Gresik sejak lebih dari tiga tahun lalu dan telah memenangkan penghargaan Nusantara CSR Award 2020. Sejak tahun 2020, program bank sampah serupa diadakan di Production Unit Cilacap dengan nama Bank Sampah Berseri yang dilaksanakan di RW 05 Kelurahan Tambakreja Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Program yang disusun sejak 2019 melalui social mapping dan berbagai rencana dari perusahaan, ternyata dalam implementasinya mengalami berbagai kendala. Seperti minimnya partisipasi masyarakat dan terhalang adanya pandemi Covid-19, yang menjadikan tidak semua kegiatan program memiliki dampak signifikan. Menggunakan Teori Corporate Social Responsibility dengan konsep Triple Bottom Line (TBL) menunjukan semua komponen 3P yaitu profit, people dan planet ada di Program Bank Sampah Berseri baik secara tertulis maupun pelaksanaan program meski pada kenyataannya tidak banyak dirasakan warga. Namun program tetap dapat berjalan dan berlanjut hingga saat ini. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh CSR perusahaan menggunakan berbagai cara mulai dari menggunakan pihak ke-3 sebagai perantara pesan, pendekatan tokoh masyarakat, perkumpulan perwakilan masyarakat, hingga pertemuan virtual. Sehingga pada akhirnya Program Bank Sampah Berseri memiliki kebermanfaatan yang tinggi bagi perusahaan dan juga masyarakat sehingga menjadikan hubungan antara kedua belah pihak menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F21210 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Strategi Komunikasi CSR, Corporate Social Responsibilit, CSR, Public Relations, PR, Triple Bottom Line (TBL) Bank Sampah Berseri, Tambakreja |
Subjects: | C > C631 Communication S > S446 Social responsibility of business |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Awalia Rizkiani Putri |
Date Deposited: | 28 Jul 2021 05:05 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 05:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10294 |
Actions (login required)
View Item |