Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Dukcapil Optima (Online Pelayanan Gratis Masyarakat) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga

OKTANINGRUM, Risky (2021) Inovasi Pelayanan Publik melalui Aplikasi Dukcapil Optima (Online Pelayanan Gratis Masyarakat) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Risky Oktaningrum-F1B017054-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik saat ini menjadi perhatian utama pemerintahan Indonesia. Penerapan inovasi pelayanan publik dapat dilakukan diberbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pelayanan administrasi kependudukan. Hal ini dikarenakan hingga kini masyarakat masih belum puas terhadap pelayanan adminduk yang diberikan oleh pemerintah. Salah satu instansi yang melaksanakan inovasi pelayanan publik dibidang adminduk adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga melalui aplikasi dukcapil optima yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat Purbalingga dalam mendapatkan pelayanan kependudukan karena dapat mengakses pelayanan secara online tanpa harus pergi ke kantor. Akan tetapi dalam pelaksanaannya masih belum optimal, hal ini terlihat dari penilaian masyarakat, rendahnya jumlah pengguna aplikasi, masih adanya masyarakat yang tidak mengetahui aplikasi tersebut dan adanya keterbatasan masyarakat dalam mengakses aplikasi dukcapil optima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi dukcapil optima di Disdukcapil Kabupaten Purbalingga belum optimal. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model Miles, Hubberman dan Saldana. Validitas data diuji dengan teknik triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi dukcapil optima di Disdukcapil Kabupaten Purbalingga sudah sesuai berdasarkan teori Vries, Trumers dan Bakkers terkait yang teridiri dari aspek lingkungan, aspek organisasi, aspek inovasi dan aspek individu. Dalam pelaksanaan inovasi pelayanan publik melalui aplikasi dukcapil optima faktor penghambatnya adalah aspek organisasi, aspek inovasi dan aspek individu yang belum optimal. Pada aspek organisasi terdapat beberapa kendala yang menjadi hambatan pelaksanaan inovasi yakni kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh disdukcapil sehingga masih banyak masyarakat yang belum paham penggunaan aplikasi dukcapil optima. Sedangkan pada aspek inovasi terkendala pada aplikasi dukcapil optima yang terkadang error karena jaringan menginduk di Dukcapil Provinsi Jawa Tengah dan dipakai dengan daerah lain di Jawa Tengah. Kemudian pada aspek individu terkendala oleh kinerja, responsivitas dan kedisiplinan petugas karena masih ada pelayanan yang belum diproses, dan admin yang tidak merespon dengan cepat sehingga dalam memberikan pelayanan masih belum sesuai harapan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21248
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Dukcapil Optima, Inovasi, Pelayanan Publik
Subjects: C > C432 Civil service
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Risky Oktaningrum
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:50
Last Modified: 19 Aug 2021 07:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item