Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Brand Fashion Luar Negeri pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2017

RAIHANAH, Hasna (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Brand Fashion Luar Negeri pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2017. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf

Download (217kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf

Download (309kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf

Download (414kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Hasna Raihanah-C1A017053-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Brand Fashion Luar Negeri pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2017”. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena beberapa mahasiswa FEB Unsoed lebih menyukai brand fashion luar negeri dibandingakan dengan brand lokal karena modelnya dianggap lebih trendi dan mengikuti perkembangan jaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, uang bulanan, lingkungan sosial, dan kemudahan akses secara individu (parsial) maupun secara bersama-sama (simultan) terhadap preferensi mahasiswa FEB Unsoed angkatan 2017 dalam menggunakan brand fashion luar negeri. Serta menganalisis seberapa jauh pengaruh harga, uang bulanan, lingkungan sosial, dan kemudahan akses terhadap preferensi mahasiswa FEB Unsoed angkatan 2017 dalam menggunakan brand fashion luar negeri. Penelitian ini didasarkan dengan teori perilaku konsumen, preferensi konsumen, dan teori permintaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini yang dijadikan objek adalah Mahasiswa FEB Unsoed angkatan 2017 yang menggunakan brand fashion luar negeri. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman. Dalam penelitian ini yang merupakan populasi adalah Mahasiswa Sarjana aktif FEB Unsoed angkatan 2017 yang berjumlah 534 mahasiswa. Jumlah sampel yang digunakan adalah 84 responden. Sampel ini diambil dengan menggunakan teknik slovin. Pernyataan dalam kuesioner penelitian ini diukur dengan skala likert, kemudian data ordinal pada skala likert diubah menjadi data interval dengan menggunakan Method of Successive Interval (MSI). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji kriteria statistik yaitu uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan uji koefisien determinasi (R2) serta uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel harga, uang bulanan, lingkungan sosial, dan kemudahan akses memiliki pengaruh signifikan secara individu (parsial) dan secara bersama-sama (simultan) terhadap preferensi mahasiswa FEB Unsoed angkatan 2017 dalam menggunakan brand fashion luar negeri. Kemudian 64,8% varian preferensi mahasiswa dalam menggunakan brand fashion luar negeri dapat dijelaskan oleh variabel harga, uang bulanan, lingkungan sosial, dan kemudahan akses sedangkan sisanya yaitu sebesar 35,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Implikasi dari hasil penelitian tersebut adalah sebaiknya mahasiswa lebih selektif dalam memilih produk dengan kualitas yang lebih baik agar sebanding dengan harga yang dibayarkan, sebaiknya mahasiswa lebih efisien dalam menggunakan uang bulanan dan menyisihkan uang bulanan untuk menabung, sebaiknya mahasiswa membeli fashion merek luar yang direkomendasikan oleh keluarga / teman / tetangga / media sosial berdasarkan kebutuhan agar tidak terjadi pemborosan, dan sebaiknya toko konvensional brand fashion luar negeri berada di lokasi yang mudah dijangkau dan toko online mudah untuk diakses oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21270
Uncontrolled Keywords: Preferensi, brand fashion luar negeri, harga, uang bulanan, lingkungan sosial, kemudahan akses
Subjects: C > C793 Consumers
F > F68 Fashion
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Hasna Raihanah
Date Deposited: 23 Aug 2021 08:12
Last Modified: 23 Aug 2021 08:12
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10859

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year