NOVITA, Melisa (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Download (201kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Download (203kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (696kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Download (377kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Melisa Dian Novita-C1C017099-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknologi POS, literasi keuangan, strategi pemasaran terhadap keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang berada di Kabupaten Banyumas serta menggunakan aplikasi POS, mengetahui literasi keuangan, dan menerapkan strategi pemasaran dalam menjalankan bisnisnya. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (TPB). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan propotional sampling dengan kategori tertentu. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 105 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan google form dan secara offline mendatangi UMKM. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kualitas data, statistika deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Teknologi POS berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. (2) Literasi keuangan berpengaruh secara positif signifikan terhadap keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. (3) Strategi pemasaran berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19. Implikasi dari kesimpulan dalam penelitian ini adalah literasi keuangan akan mempengaruhi keberlangsungan UMKM. Penelitian ini membuktikan bahwa keyakinan seseorang yang memahami literasi keuangan dapat mempengaruhi keberlangsungan UMKM. Sedangkan, penggunaan teknologi POS dan penerapan strategi pemasaran belum mampu mempengaruhi keberlangsungan UMKM ditengah Pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21273 |
Uncontrolled Keywords: | Teknologi POS, Literasi Keuangan, Strategi Pemasaran, Keberlangsungan UMKM |
Subjects: | P > P144 Performance standards S > S399 Small business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Melisa Dian Novita |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 12:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2021 12:38 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
View Item |