Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Motivasi, dan Self Efficacy terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed

NURHASANAH, Dwi (2021) Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Motivasi, dan Self Efficacy terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-DWI NURHASANAH-C1L017023-2021-pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-DWI NURHASANAH-C1L017023-Skripsi-2021-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif pada mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (2) Pengaruh motivasi terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (3) Pengaruh self efficacy terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 129 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Linear Berganda, Uji F, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS versi 22 menunjukkan bahwa: (1) Persepsi profesi guru berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (2) Motivasi berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman; (3) Self efficacy berpengaruh positif terhadap minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman. Implikasi dari penelitian ini ialah dalam upaya meningkatkan minat menjadi guru mahasiswa program studi pendidikan ekonomi Universitas Jenderal Soedirman, hal pertama yang dapat dilakukan dengan meningkatkan meningkatkan minat menjadi guru pada mahasiswa diperlukan kesadaran dari dalam diri mahasiswa akan pentingnya peran guru untuk memajukan kualitas pendidikan negara. Hal tersebut dapat mendorong mahasiswa menjadi lebih yakin terhadap kemampuannya sehingga mahasiswa akan lebih fokus dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuannya menjadi seorang guru. Kata Kunci: Persepsi Profesi Guru, Motivasi, Self Efficacy, Minat Menjadi Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21362
Uncontrolled Keywords: Persepsi Profesi Guru, Motivasi, Self Efficacy, Minat Menjadi Guru
Subjects: M > M567 Motivation Psychology
T > T41 Teachers
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Dwi Nurhasanah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:36
Last Modified: 01 Nov 2021 01:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11801

Actions (login required)

View Item View Item