Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisa Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Metode Luring dan Daring di SMKN 1 Purwokerto

ROFIQ, Zainur (2021) Analisa Minat Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Metode Luring dan Daring di SMKN 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Zainur Rofiq-I1E017042-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Latar Belakang: Minat diartikan sebagai suatu rasa lebih suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Pada dasarnya siswa mengikuti suatu kegiatan didasari oleh ajakan atau dorongan untuk mengikuti kegiatan tanpa tahu manfaat dan tujuannya. Dalam kenyataannya seseorang melakukan sesuatu aktivitas atau kegiatan biasanya didasari oleh minat dalam dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan metode luring dan daring. Metodologi: Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMKN 1 Purwokerto. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan didapat sampel sebanyak 140 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk prosentase. Hasil Penelitian: Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan metode luring (offline) memperoleh kategori “Tinggi” dengan persentase sebesar 76,01% dan faktor yang paling dominan adalah faktor intrinsik berada dalam kategori “Sangat Tinggi” dengan persentase 83,33%, diikuti faktor ekstrinsik memperoleh persentase 65,04% berada dikategori “Tinggi”. Sedangkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan metode daring (online) memperoleh kategori “Sedang” dengan persentase 51,63% dan faktor yang paling dominan pada pembelajaran metode daring adalah faktor ekstrinsik dengan persentase 58,80% berada dikategori “Sedang”, diikuti faktor intrinsik dengan persentase 45,48% dikategori “Sedang”. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan didominasi oleh pembelajaran menggunakan metode luring/offline, dengan persentase sebesar 76,01% dan frekuensi terbanyak pada pembelajaran metode luring adalah faktor intrinsik dengan persentase sebesar 83,33% yang meliputi rasa senang, perhatian, aktivitas, dan bakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I21224
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Subjects: I > I258 Internet in education
S > S609 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Mr Zainur Rofiq
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:15
Last Modified: 19 Nov 2021 04:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item